Keutamaan, Adab, & Doa Sebelum dan Setelah Membaca Al Quran

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Islam. Dengan Al-Quran, hidup kita akan terarah dan berada di jalan yang benar. Selain mengarahkan hidup kita ke jalan yang benar Al-Quran juga memiliki banyak keutamaan jika kita membacanya. 

Membaca Alquran merupakan ibadah yang utama, terlebih bila dilakukan pada bulan Ramadhan bulan penuh berkah dan pahala. Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam bersabda, “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an.” (HR. al-Baihaqi). 

Berikut kami bagikan tentang keutamaan membaca Alquran, adab membaca Al Quran, serta doa setelah membaca Al Quran.

Keutamaan, Adab, & Doa Sebelum dan Setelah Membaca Al Quran


Keutamaan Membaca Al Qur’an


- Menenteramkan Hati dan Menyembuhkan Penyakit

Allah Taala berfirman dalam Al-Qur’an surah Ar-Ra’ayat 28 yang artinya “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Dalam hadis HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda, “Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an.”

- Mendatangkan Kebaikan

Dalam hadis HR. Muslim, diriwayatkan oleh Aisyah ra., Rasulullah bersabda,  “Seorang yang lancar membaca Al-Qur’an akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Qur’an dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.”

- Mendapatkan Syafaat

Dalam hadis HR. Muslim, Abu Umamah Al Bahily ra. berkata, “Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya.”

- Menghapal dan Pandai Membacanya

Berdasarkan hadis Muttafaq ‘alaih, Rasulullah SAW bersabda, “Perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca Al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” 

- Terpelihara dari Kegelapan

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendengar satu ayat daripada kitab Allah Taala (Al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahaya di hari kiamat.”

- Memperoleh Kedudukan yang Tinggi di Surga

Dalam hadis HR. Ahmad, Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah (Al-Qur’an), naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.”

Adab Membaca Al Quran

1- Hendaklah yang membaca Al-Qur’an berniat ikhlas, mengharapkan ridha Allah, bukan berniat ingin cari dunia atau cari pujian.

2. Disunnahkan membaca Al-Qur’an dalam keadaan mulut yang bersih. Bau mulut tersebut bisa dibersihkan dengan siwak atau bahan semisalnya.

3. Disunnahkan membaca Al-Qur’an dalam keadaan suci. Namun jika membacanya dalam keadaan berhadats dibolehkan berdasarkan kesepatakan para ulama.

4. Mengambil tempat yang bersih untuk membaca Al-Qur’an.Oleh karena itu, para ulama sangat anjurkan membaca Al-Qur’an di masjid.

5. Menghadap kiblat ketika membaca Al-Qur’an. Duduk ketika itu dalam keadaan sakinah dan penuh ketenangan.

6. Memulai membaca Al-Qur’an dengan membaca ta’awudz. Bacaan ta’awudz menurut jumhur (mayoritas ulama) adalah “a’udzu billahi minasy syaithonir rajiim”. Membaca ta’awudz ini dihukumi sunnah, bukan wajib.

7. Membaca “bismillahir rahmanir rahim” di setiap awal surat selain surat Bara’ah (surat At-Taubah).
Catatan: Memulai pertengahan surat cukup dengan ta’awudz tanpa bismillahir rahmanir rahim.

8. Hendaknya ketika membaca Al-Qur’an dalam keadaan khusyu’ dan berusaha untuk mentadabbur (merenungkan) setiap ayat yang dibaca.

Doa Membaca Al Quran

Doa Sebelum Membaca Al Quran

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah 'alayya hikmataka wansyur 'alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya : "Ya Allah bukakanlah hikmahMu padaku, bentangkanlah rahmatMu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."


Doa Setelah Membaca Al Quran

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن 

Allahummarhamna bil qur’an, waj’alhu lana imaamaw wahudaw wanuuraw warahmah. Wa dzakkirna minhu maa nusiina, wa allimna minhu maa jahilna. Warzuqna tilawatahu aanaa’al laili wan nahaar. Waj’alhu lanaa hujjatay yaa rabbal alamin. 

Artinya : Ya Allah, rahmatilah kami dengan sebab Al-Quran. Jadikanlah (Al-Qur`an) sebagai pembimbing, petunjuk, cahaya, dan rahmat bagi kami. Ingatkanlah kami apa yang kami terlupa darinya, ajarilah kami apa yang kami tidak tahu darinya, dan karuniakanlah kepada kami untuk bisa mentilawahinya di penghujung-penghujung malam dan siang, dam jadikanlah ia hujjah kami ya Rabbal ‘alamin.

Belum ada Komentar untuk "Keutamaan, Adab, & Doa Sebelum dan Setelah Membaca Al Quran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel