Inilah Penyebab Karyawan Resign, Cegah Sebelum Terjadi!

(gambar: pixabay.com/Lukas Bieri)

Seringkali perusahaan kehilangan karyawan terbaiknya yang memutuskan untuk resign. Tak hanya satu, namun beberapa perusahaan bisa kehilangan beberapa karyawan dalam waktu yang bersamaan. Hal ini tentu akan merugikan perusahaan karena kehilangan orang yang berkompeten di dalam perusahaannya. Karyawan yang resign tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, bahkan disebabkan oleh pihak perusahaan sendiri.  Jangan biarkan Anda kehilangan lebih banyak karyawan dan mengganggu proses perkembangan perushaaan.

5 Penyebab Karyawan Resign


Kenali beberapa penyebab karyawan resign dari perusahaan Anda. Cegah mulai dari sekarang dan jangan sampai karyawan yang memiliki kinerja terbaik untuk perusahaan memilih keluar. 

1. Gaji yang Tidak Sesuai dengan Tugas

Gaji merupakan salah satu pertimbangan bagi karyawan untuk bertahan atau keluar dari tempat kerjanya sekarang. Seharusnya semakin tinggi tanggung jawab atau semakin sulit tugas kerja, maka semakin tinggi gaji yang akan diperoleh. Seringkali karyawan mengeluhkan gaji yang rendah dan tidak sesuai dengan tanggung jawab kerja yang diemban. Banyak karyawan akhirnya resign dan memilih perusahaan kompetitor yang menawarkan gaji menggiurkan. Mulailah perbaiki sistem gaji di perusahaan Anda, sesuaikan dengan tugas kerja karyawan. 

2. Lingkungan Kerja Tidak Saling Mendukung

Tak hanya gaji, lingkungan kerja juga bisa mempengaruhi karyawan untuk terus bekerja di perusahaan tersebut atau memilih keluar. Persaingan tidak sehat dan lingkungan kerja yang tidak saling mendukung menjadi salah satu penyebab karyawan keluar. Walaupun penting bagi karyawan untuk saling bersaing, namun sebagai pemimpin pastikan bahwa karyawan Anda bersaing secara sehat dan tidak saling menjatuhkan. Ciptakan atmosfer perusahaan yang saling mendukung satu sama lain. 

3. Fasilitas Kerja Tidak Lengkap

Untuk bisa menyelesaikan tugas kerja dengan baik karyawan membutuhkan fasilitas lengkap yang mendukung pekerjaannya. Oleh sebab itu, berikan fasilitas yang lengkap pada karyawan agar tidak mengganggu kinerjanya. Salah satu hal yang menyebabkan karyawan tidak betah bekarja karena fasilitas yang dibutuhkan tidak tersedia. Misalnya, karyawan membutuhkan jaringan internet untuk mengirimkan email, namun perusahaan tidak menyediakan jaringan internet di kantor, sehingga karyawan harus menggunakan paket data milik pribadi untuk keperluan kantor.

4. Tidak Mendapatkan Apresiasi

Apresiasi kerja karyawan sangat penting guna meningkatkan kinerja karyawan. Tak hanya itu saja, apresisasi atas kinerja dan prestasi karyawan akan membuat karyawan merasa lebih dihargai atas kinerja yang sudah dilakukan untuk perusahaan. Apresiasi ini bisa berupa pujian, pemberian bonus, pelatihan khusus, hingga kenaikan jabatan. Tak jarang karyawan memilih resign karena tidak mendapatkan apresiasi dari perusahaan. 

5. Jenjang Karir Tidak Jelas

Penting bagi perusahaan untuk membantu dan menjamin kemajuan karir karyawannya. Dukung keahlian yang dimiliki karyawan Anda dengan berbagai pelatihan, sehingga membuatnya lebih berkembang dan berkompeten. Karyawan tidak hanya bekerja untuk perusahaan, akan tetapi dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Promosikan karyawan dan berikan jabatan yang sesuai dengan keahliannya, sehingga karyawan memiliki komitmen yang tinggi terhadap perusahaan.
Kelola kinerja karyawan perusahaan dengan menggunakan  Software HRIS LinovHR


Dengan Software HRIS LinovHR dapat membantu perusahaan mengetahui kinerja karyawan dan memberikan keputusan yang tepat. Sehingga karyawan mendapatkan hak sesuai dengan kinerjanya. Hal tersebut akan membuat karyawan tetap loyal dan merasa puas bekerja di perusahaan Anda.

Software HRIS LinovHR tidak hanya dapat membantu proses penilaian kinerja karyawan saja, tapi melalui fitur dan modul yang ada di Software HRIS LinovHR Perusahaan mampu mengelola data karyawan seperti seluruh database karyawan perusahaan, menglola absensi kehadiran, cuti, lembur karyawan hingga mengelola proses rekrutmen karyawan dari awal hingga akhir secara mendetail dan terstruktur rapi.

Itulah berbagai manfaat yang dapat anda dapatkan jika menggunakan HRIS Software LinovHR.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Penyebab Karyawan Resign, Cegah Sebelum Terjadi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel