Sistem Operasi : Pengertian, Fungsi, Macam / Jenis dan Contohnya


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Sistem Operasi Komputer meliputi pengertian, bagian-bagian sistem operasi, fungsi, macam-macam dan jenis-jenis sistem operasi dan contohnya. Baiklah mari kita bahas selengkapnya..

SISTEM OPERASI


Pengertian Sistem Operasi


Dalam Ilmu Komputer, Sistem Operasi adalah Perangkat lunak (software) yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen terhadap perangkat keras (hardware) serta operasi-operasi dasar system. Dalam arti luas, Sistem Operasi adalah Pengelola seluruh sumber daya pada komputer yang memudahkan pemakai dalam penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. 

Sistem Operasi : Pengertian, Bagian, Fungsi, Macam, Jenis dan Contohnya

Sedangkan menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer.

Sistem Operasi ibarat roh atau nyawa dari sebuah komputer. Tanpa Sistem Operasi, sebuah komputer tidaklah dapat menjalankan program aplikasi, kecuali program booting. Dalam bahasa inggris, Sistem Operasi disebut Operating System, yang sering disingkat dengan OS.

Secara umum, sistem operasi merupakan software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer yaitu harddisk, pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software yang lain dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti pada perangkat kunak. Layanan inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas, dan antar-muka user GUI/CLI. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu sistem operasi.

Kalau sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dengan lapisan software. Sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem berkas. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem operasi mengatur schedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Bagian-Bagian Sistem Operasi Komputer


Dalam banyak kasus, sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu sehingga dalam setiap pembuatan program baru tidak perlu membuat fungsifungsi tersebut dari awal.

Secara umum, bagian-bagian yang terdapat dalam Sistem Operasi yakni :

•    Mekanisme Boot, adalah meletakkan kernel ke dalam memori
•    Kernel yaitu inti dari sebuah sistem operasi
•    Command Interpreter atau shell, yang bertugas dalam membaca input dari pengguna
•    Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh apliaksi lain
•    Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya

Fungsi Sistem Operasi


Fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:

1.    Resource manager, yaitu sebagai pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
2.    Interface / tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)
3.    Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan.
4.    Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.
5.    Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
6.    Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
7.    Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
8.    Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Sistem Operasi : Pengertian, Bagian, Fungsi, Macam, Jenis dan Contohnya

Berdasarkan kontak atau interface dengan usernya, sistem operasi komputer bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

1. Command line interface

Command line interface atau CLI merupakan jenis sistem operasi komputer yang memiliki kontak interaksi dengan usernya atau interfacenya menggunakan perangkat keras yang berbasis huruf, angka, dan juga symbol. Saat ini, CLI sudah jarang sekali, dan bahkan sudah tidak digunakan sama sekali, apalagi untuk keperluan user. CLI banyak digunakan untuk keperluan khusus saja, contoh dari sistem operasi berbasis CLI ini adalah Sistem Operasi DOS.

2. Graphical User Interface


Graphical user interface atau GUI merupakan jenis sistem operasi komputer yang mengandalkan interaksi grafis dengan user atau penggunanya. Penggunanya dapat memperoleh informasi secara lebih jelas dengan tambahan fitur grafis, dan juga pewarnaan, sehingga tidak monoton. GUI banyak digunakan pada sistem operasi saat ini, seperti Windows dan juga Mac OS.

Macam-Macam Sistem Operasi


Berikut adalah beberapa macam Sistem Operasi yang digunakan pada komputer :

1. Microsoft DOS (Disk Operating System) adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer IMB-PC maupun oleh komputer yang kampatibel dengan OS Microsoft DOS. Mic DOS dilauching pertama kali di tahun 1981. OS ini dibuat oleh tim petterson dari perusahaan Seatle Computer Products(SCT) sebelum dikembangkan oleh Microsoft.

2. AmigaOS adalah sistem operasi milik asli dari komputer pribadi Amiga. Ini dikembangkan pertama kali oleh Commodore International dan diperkenalkan dengan peluncuran Amiga pertama, Amiga 1000, pada tahun 1985.

3. OS / 2 adalah serangkaian sistem operasi komputer, awalnya dibuat oleh Microsoft dan IBM, kemudian dikembangkan oleh IBM secara eksklusif.

4. Linux merupakan salah satu macam Sistem Operasi yang bertipe Unix modular. Jenis Sistem Operasi ini diperkirakan dikembangkan sekitar tahu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan kernel Monolitik. Perbedaan OS linux dari disistem operasi yang lain yaitu OS ini memiliki kernel dan komponen-komponen yang terbuka.

5. Unix merupakan OS yang banyak digunakan di komputer supercomputer dan mainframe, atau lebih tepatnya di perusahaan besar yang menggunakan supercomputer untuk menglola data yang sangat besar.

6. Haiku OS
atau dulu BeOS adalah Sistem operasi ini merupakan salah satu jenis sistem operasi yang bersifat Open Source. Dimana HAIKU ini pada jamannya sangat dikenal sebagai OS yang memiliki arsitektur yang kuat untuk menjalankan multimedia, mendukung multiprosesor, mendukung 64 journaling file sistem. Dikembangkan pada tahun 2001 untuk menggantikan BeOS.

7.  Sun Solaris adalah sebuah sistem operasi keluarga Unix yang dikembangkan oleh Sun Microsystems Inc (diakuisisi oleh Oralce). Open solaris adalah Sun Solaris yang di open-source kan di bawah lisensi CDDL (Common Development and Distribution License)

Solaris OS adalah operating system yang sangat terkenal didunia karena kestabilannya. Solaris OS sangat dipercaya sebagai OS server terutama pada mesin-mesin critical yang menuntut high availability, stability, reliable, serta scalable.

8. Macintosh (Mac OS) adalah Operating system yang diciptakan khusus untuk komputer macintosh serta OS ini tidak kompatibel dengan Personal Computer yang berbasi IMB. MAC OS pertamakali dikenalkan secara public pada tahun 1984, Os ini dibuat oleh Apple Computer

9. Windows adalah salah satu macam Sistem Operasi yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 1990 Windows dikeluarkan pertama kali  oleh Perusahaan Microsoft Corporation yang dinamai dengan windows 3.0 yang berbasis GUI. Ada banyak sekali versi yang dikeluarkan oleh windows tapi yang paling banyak digunakan belakangan ini yaitu versi: windows 7, windows 8, dan versi terbarunya yaitu windows 10. Windows sendiri menawarkan kemudahan cara pengoperasiannya bagi para User.

10. Chrome OS adalah sistem operasi sumber terbuka (Open Source) yang dirancang oleh Google Inc. untuk bekerja secara eksklusif dengan aplikasi web. Chrome OS diumumkan pada tanggal 7 Juli 2009, dan versi stabilnya akan diluncurkan umum pada paruh kedua tahun 2010. Sistem operasi ini berbasis Linux dan hanya akan berjalan pada pada perangkat keras yang dirancang khusus(Chrome OS hanya boleh di install pada Chrome Book)

Demikian materi Sistem Operasi Komputer meliputi pengertian, bagian-bagian sistem operasi, fungsi, macam-macam dan jenis-jenis sistem operasi dan contohnya. Semoga bermanfaat..


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : Sistem Operasi : Pengertian, Fungsi, Macam / Jenis dan Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar