Pengertian dan 10 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional & Modern + Gambar


Artikel & Materi – Halo Kawan.. Seperti biasa langsung ke topik aja yah.. Setelah yang telah dibahas sebelumnya pada artikel Jenis / Macam-Macam Alat Musik dan Contohnya, berdasarkan fungsinya, alat musik dibedakan menjadi 3 yaitu  alat musik ritmis, alat musik melodis, dan alat musik harmonis. Nah, pada posting kali ini akan dibahas lebih jelas tentang Alat Musik Melodis, yaitu meliputi pengertian, jenis, dan contohnya beserta gambar alat musik tersebut. Mari kita mulai pembahasannya yah..
 

Pengertian Alat Musik Melodis


Alat musik melodis adalah alat musik yang dapat membunyikan melodi dalam sebuah lantunan lagu.  Alat musik melodis biasanya tidak dapat memainkan kord sendirian. Alat musik ini dapat menghasilkan notasi atau nada ( Do, Re, Mi, Fa, .. dst) yang dapat melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. Oleh karena itu, alat musik melodis berfungsi untuk mengatur nada dalam sebuah lagu atau musik. Karena dapat menghasilkan nada atau irama, alat musik melodis disebut pula  sebagai alat musik yang mempunyai irama atau nada.
 

Jenis dan Contoh Alat Musik Melodis


A. Jenis Alat Musik Melodis Berdasarkan Cara Memainkannya.


Menurut cara memainkannya, alat musik melodis dibagi menjadi beberapa kelompok, antara lain :
 
1.    Dimainkan dengan cara dipetik, contohnya yaitu kecapi, mandolin, gitar, dan sasando.
2.    Dimainkan dengan cara ditiup, contohnya yaitu seruling dan pianika.
3.    Dimainkan dengan cara ditekan, contohnya yaitu akordion dan piano.
4.    Dimainkan dengan cara digoyang, contohnya yaitu angklung.
5.    Dimainkan dengan cara digesek, contohnya yaitu biola.
6.    Dimainkan dengan cara dihisap, contohnya yaitu harmonika.
 

B. Jenis Alat Musik Melodis Berdasarkan Sifatnya


Menurut sifatnya, alat musik melodis dibedakan menjadi alat musik melodis tradisional, dan alat musik melodis modern. Berikut ini adalah beberapa contohnya.
 

# Contoh Alat Musik Melodis Tradisional


1. Sasando
 
 Pengertian alat musik melodis

Sasando merupakan alat musik berdawai yang berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat musik melodis ini adalah karya luar biasa dari nenek moyang Indonesia pada masa silam. Sasando dengan cara dipetik, dan akan menghasilkan bunyi yang tidak jauh berbeda dengan bunyi gitar, kecapi, biola, dan alat musik dawai lainnya.

2. Angklung
 
Gambar contoh alat musik melodis

Angklung adalah alat musik melodis tradisional yang berasal dari daerah sunda di Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dan cara memainkannya dengan digoyangkan.
 
Bunyi yang dihasilkan karena benturan badan pipa bambu, sehingga terdengar bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 dalam setiap ukuran angklung, baik yang kecil maupun besar.
 
3. Kecapi
 
Contoh alat musik melodis tradisional


Kecapi adalah alat musik tradisional berasal dari Sunda. Kecapi di mainkan dengan cara dipetik, alat musik yang satu ini memiliki hasil nada yang cukup bagus untuk melodi. Kecapi bisa dimainkan secara tunggal namun juga bisa dimainkan juga sebagai pelengkap bunyi dan nada suatu musik.
 

4. Mandolin

Contoh Alat Musik Melodis Tradisional 

Mandolin merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari Italia,  senar dan dimainkan seperti biola. Sering dipakai untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi lagu tradisional. Cara main alat musik ini mirip dengan gitar, jumlah senar alat musik ini beda dengan gitar.
 
5. Seruling
 
Alat musik melodis adalah


Seruling atau suling adalah alat musik tiup yang memiliki suara yang lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya. Alat ini terbuat dari tumbuhan bambu. Seruling dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

# Contoh Alat Musik Melodis Modern


1. Biola
 
Contoh Alat Musik Melodis Modern

Biola adalah contoh alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini punya 4 dawai yang distel dengan interval sempurna (G-D-A-E). Bedasarkan tinggi rendah nada yang dihasilkan, biola juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis yaitu biola alto, biola cello, dan biola double bass atau kontra bass (biola dengan nada tertinggi).  

2. Gitar
 
Alat musik melodis modern

Gitar merupakan alat musik melodis modern yang paling banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, umumnya dipetik menggunakan jari maupun plektrum. Gitar mempunyai dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

3. Akordion
 
Fungsi alat musik melodis

Contoh alat musik melodis modern selanjutnya adalah akordeon. Akordeon adalah alat musik sejenis organ yang dimainkan dengan cara digantungkan di badan, tangan kiri pemain akan menekan tombol-tombol akor, sedang tangan kananya memainkan melodi dari lagu yang dibawakan. Di Indonesia, alat musik yang ditemukan C.F.L. Buschmann dari Jerman ini memang belum begitu populer, namun tidak dengan di negara-negara Eropa dan Latin.
 
4. Piano
 
Alat Musik Melodis Adalah

Piano adalah alat musik modern yang dimainkan dengan menekan tuts piano dengan jari-jemari tangan. Piano memiliki 88 tuts, lebih banyak daripada keyboard. Bentuk dan fungsi piano hampir sama dengan keyboard, namun ukurannya lebih besar.
 
5. Harmonika
Contoh Alat Musik Melodis Modern
Harmonika adalah salah satu alat musik modern tiup yang sebenarnya sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu di China yang dikenal dengan nama sheng.
 
Harmonika merupakan salah satu alat musik yang paling mudah untuk dimainkan setiap orang. Caranya cukup dengan meniupkan dan menghisap lubangnya saja harmonika sudah mengeluarkan suara yang bagus.

Demikian aetikel tentang Pengertian dan 10 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional & Modern beserta Gambarnya yang dapat kami bagikan, Semoga membantu..


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : Pengertian dan 10 Contoh Alat Musik Melodis Tradisional & Modern + Gambar

0 komentar:

Posting Komentar