20 Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya



11. Anggar

Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Olahraga anggar adalah olahraga yang menonjolkan ketangkasan. Yaitu ketangkasan gerak serta ketangkasan keterampilan dalam menggunakan senjata. Cara permainan anggar yaitu memakai teknik seperti memotong, menangkis dan menusuk. Lapangan anggar berbentuk empat persegi panjang seluas 14 × 1,5 meter.
Setiap pemain dilengkapi dengan kabel dan kostum khusus yang dihubungkan dengan sistem penilaian elektronik yang digunakan untuk mendeteksi jika terkena tusukan, sehingga memudahkan dalam penilaian. Dalam setiap pertandingan digunakan sistem eleminasi langsung. Sebuah tim  terdiri dari 3 pemain dan masing-masing akan bertanding dengan anggota tim lawan.

12. Senam

Jenis cabang olahraga

Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus.
Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah.

13. Angkat Besi

Angkat besi adalah cabang olahraga yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fleksibilitas, konsentrasi, kemampuan, disiplin (sangat penting), atletis, fitnes, teknik, mental dan kekuatan fisik. Kata "angkat besi" biasanya secara tidak resmi digunakan sebagai latihan beban.

20 Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya


Jenis angkatan dalam angkat besi

Dalam olahraga ini, ada dua jenis angkatan yang sering dilombakan, yakni angkatan clean and jerk dan snatch.
  • Clean and Jerk
Jenis angkatan clean and jerk adalah jenis angkatan langsung tanpa jeda, di mana atlet harus mengangkat beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut sampai kedua tangan mengangkat beban (barbel) lurus di atas kepala dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.
  • Snatch
Jenis angkatan snatch atlet mengangkat barbel dalam dua tahap. Pertama, mengangkat beban dari lantai sampai batas dada dengan posisi jongkok. Setelah jeda sebentar untuk mengambil ancang-ancang, atlet kemudian mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri sempurna beberapa detik, sampai juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

14. Bola Tangan

jenis cabang olahraga di Indonesia

Bola tangan adalah olahraga beregu di mana dua regu dengan masing-masing 7 pemain (6 pemain dan 1 penjaga gawang) berusaha memasukkan sebuah bola ke gawang lawan. Permainan ini mirip dengan sepak bola, tapi cara memindahkan bola adalah dengan tangan pemain, bukan kaki.
Lapangan bola tangan berukuran 50 m x 20m dengan garis pemisah di tengah dan gawang di tengah kedua sisi pendek. Di sekeliling gawang dibuat garis untuk menandai daerah yang hanya boleh dimasuki penjaga gawang. Bola yang digunakan lebih kecil dari bola sepak. Handball dimainkan selama 2 x 30 menit. Penalti dilakukan dari jarak 29 meter. Handball juga dipertandingkan di Olimpiade

15. Hoki (Hockey)
Hoki merupakan olahraga permainan yang dilakukan oleh dengan menggunakan alat pemukul (stick) dan bola. Bentuk permainannya hampir sama dengan sepak bola.

cabang olahraga di dunia


Jenis permainan hoki sendiri dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
1. Hoki lapangan (field hockey)
2. Hoki ruangan (indoor hockey)
3. Hoki es (ice hockey)

Dalam pertandingan hoki, pemain hoki biasanya menggunakan peralatan skates, shin pads, sarung tangan, celana hoki, sticks, dan Helmets. Tongkat hoki yang cenderung  yang paling penting, selain perlindungan dari badan Anda. 

16. Judo

20 Jenis Cabang Olahraga dan Penjelasannya
Judo adalah suatu jenis olahraga untuk mempertahankan diri. Peraturan olahraga ini berdasarkan kekuatan dan keseimbangan. Pemain yang berhasil memegang dan melempar lawannya dengan teknik yang bagus akan keluar sebagai pemenang. Karena itu, olahraga ini bersifat kompetitif menuntut keahlian dan stamina yang tinggi. Bahkan Judo disepakati sebagai olahraga yang aman bagi wanita dan anak-anak karena tidak mengandung teknik Jujitsu yang berbahaya serta tidak boleh ada kuncian-kuncian yang mematikan.

Sekitar tahun 1882, Dr. Jogoro Kano sudah membuka sekolah Judo di jepang. Tujuan sekolah itu adalah untuk melatih mental dan fisik anak didiknya tanpa menggunakan teknik dan kuncian yang sudah ada pada olahraga lain. Dimana teknik dan kuncian itu pada umumnya sangat membahayakan bahkan mematikan pihak lawannya.

17. Tae kwon-do
20 Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Olahraga Tae kwon-do merupakan olahraga seni beladiri yang menggunakan kaki dan tangan sebagai senjata beladiri untuk menaklukan lawannya.
Menurut sejarah Tae kwon-do berkembang sejak tahun 37M. Pada masa dinasti Kogooryo di Korea. Masyarakat menyebutnya dengan nama berbeda, yaitu Subak, Taekkyon, taeyon. Tae kwon-do kerap dijadikan pertunjukan acara ritual yang dilakukan oleh bangsa Korea, bela diri Tae kwon-do menjadi senjata bela diri andalan para ksatria.

Tae kwon-do dipertandingkan di olimpiade tahun 1992 di Barcelona Spanyol sifatnya ekchibisi dan resminya sendiri pertama kalinya pada olimpiade di Atlanta AS tahun 1996.

18. Panahan (Archery)

Cabang Olahraga di dunia
Panahan adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan alat berupa busur dan anak panah. Dalam permainan atau perlombaan panah, para pemain harus menembakkan anak panahnya sesuai dengan target sasaran yang sudah di tentukan.

Lapangan yang digunakan dalam permainan atau perlombaan panahan adalah area yang besar dan terbuka yang dibuat berjalur-jalur dengan lebar 5 cm. Lapangan untuk laki-laki dan perempuan dipisahkan. Tiap jalur ditandai dengan pasak yang diberi nomor dan dilengkapi dengan jarak tembak. Jarak tembak untuk pria : 90 m, 70 m, 50 m dan 30 m sedangkan jarak tembak untuk wanita: 70 m, 60 m, 50 m dan 30 m.

19. Menembak
20 Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Olahraga menembak adalah olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran (akurasi dan kecepatan) dengan menggunakan berbagai jenis senjata
Cabang olahraga menembak memiliki kurang lebih nomor yang dipertandingkan. Secara umum dibagi menjadi 3 kelompok : Tembak sasaran, tembak reaksi, dan berburu.

Tembak sasaran dibagi dua sub-kelompok senjata api dan senjata angin (air guns) yang masing-masing sub kelompok terdiri dari senjata laras panjang (riffle) dan pistol.

20. Billiard

20 Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya
Biliard adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.
Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri.
Peralatan yang digunakan dalam permainan billiard antara lain :
- Pool Cue (stik) adalah stick yang terbuat dari kayu yang digunakan untuk menyodok bola putih (cue ball)
- Cue ball yaitu bola kecil yang digunakan dalam permainan billiard
- Meja pool, yaitu Meja yang berfungsi sebagai medan permainan billiard.
- Chalk, yaitu perlengkapan yang dipakai untuk melapisi bagian atas (tip) dari cue untuk menjaga sodokan agar tidak terpeleset (missed cue).

Nah,, itulah 20 jenis / macam-macam cabang olahraga yang ada di dunia dan di Indonesia beserta penjelasan singkatnya, semoga membantu..


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : 20 Macam-Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar