Pengertian, 11 Contoh Alat Musik Ritmis (Tradisional dan Modern) + Gambarnya


Bicara soal alat musik, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan alat musik petik, alat musik gesek, alat musik pukul, dan alat musik tiup. Ya.. itu merupakan jenis-jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya. Akan tetapi kalau disebutkan kata "Alat Musik Ritmis", mungkin sebagian orang (awam) tidak tahu apakah itu alat musik ritmis?? Nah.. pada kesempatan ini akan coba kami bagikan artikel tentang Alat Musik Ritmis meliputi Pengertian, Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern, beserta gambarnya masing-masing. Oke, mari kita simak artikel selengkapnya..

Alat Musik Ritmis


Pengertian Alat Musik Ritmis


Apa yang dimaksud dengan alat musik ritmis? Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada, tetapi hanya memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan irama. Alat musik ritmis tidak memiliki nada seperti do re mi, dst.. melainkan hanya memiliki nada yang tetap. Alat musik ritmis berfungsi sebagai pengiring dan pembentuk irama sehingga karya musik yang dimainkan dapat stabil. Alat musik ini dapat dikenali dari cara memainkannya, yaitu dilakukan dengan cara di pukul atau di kocok. Memainkan alat musik ritmis yang diutamakan adalah ketepatan irama atau keteraturan ketukan mengikuti ritme suatu lagu. Musik yang tercipta dari gabungan beberapa bunyi alat musik ritmis disebut musik ritmis, benda-benda yang dapat mengeluarkan bunyi dapat pula digunakan untuk musik ritmis.

Contoh Alat Musik Ritmis dan Gambarnya


A. Alat Musik Ritmis Tradisional


1. Gendang

gambar alat musik ritmis tradisional

Gendang, kendhang, atau kendang adalah satu jenis alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Jawa. Alat ini populer sejak abad ke-9 M di masa kerajaan Majapahit berkuasa. Alat musik pukul ini berbahan dasar kayu dan kulit hewan sebagai membrannya. Gendang banyak digunakan dalam permainan gamelan. Gendang dimainkan dengan cara meletakkannya di atas dudukan khusus, dan kedua tangan memukul membran besar dan kecil secara bergantian.

2. Ketipung
alat musik ritmis tradisional ketipung
Ketepong atau Ketipung adalah alat musik gendang kecil pengaruh dari Timur Tengah dan biasanya mengiringi lagu-lagu berbau Timur Tengah. Dan ketipung ini manjadi alat musik khas dari Kalimantan Timur.


3. Tifa

Gambar Contoh Alat Musik Ritmis Tradisional


Tifa adalah salah satu alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Papua. Alat musik pukul ini dibuat dengan bahan dasar kayu yang dikosongkan isinya dan salah satu ujungnya ditutup menggunakan kulit hewan. Pada bagian samping tifa dilengkapi dengan pegangan agar bisa ditenteng. Cara memainkannya, yaitu dengan cara dipukul sambil menentengnya dalam tarian.

4. Rebana

Rebana (bahasa Jawa: terbang) adalah gendang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku melayu. Bingkai berbentuk lingkaran terbuat dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. 
5. Timpani
Contoh Alat musik ritmis tradisional

Alat musik ritmis tradisional timpani adalah alat musik yang terbuat dari bahan kuningan dan tabungnya menyerupai mangkuk.

Cara memainkan alat musik ritmis yang satu ini yaitu dengan cara dipukul dengan alat yang bernama stik atau mallet timpani. Alat musik ritmis ini biasanya hanya dimainkan beberapa kali saja.
6. Konga 
gambar Alat musik ritmis tradisional

Alat musik ini dikelompokan dalam keluarga gendang dan termasuk kedalam jenis alat musik ritmis. Berbentuk  hampi sama dengan gendang, namun yang membedakan bentuk dari konga ini lebih panjang dan ada keunikan tersendiri sehingga menjadi khas. Kayu adalah bahan yang dibuat untuk alat musik konga. Kulit hewan yang  digunakan untuk permukaanya menghasilkan bunyi yang unik. Teknik memainkan alat musik dengan  cara dipukul menggunakan kedua tangan tanpa adanya alat bantu. 

7. Simbal

Nama alat-alat musik pukul dan gambarnya
Simbal Ialah sebuah alat musik yang telah dimainkan sejak zaman kuno. Dengan demikian jenisnya masuk kedalam alat musik ritmis tradisional. Alat musik simbal ini dimainkan dengan cara dipukul. Informasi yang kami temukan, bahwa alat musik simbal ini terkenal dari negara Turki.

8. Marakas 
Marakas merupakan contoh alat musik ritmis yang sangat sederhana. Instrumen ini terbuat dari wadah logam berisi pasir. untuk menghasilkan bunyi ritmis, marakas diguncangkan sesuai dengan ritme dan tabuhan drum. Dalam pertunjukan musik pop, regee, atau jazz, marakas kerap dimainkan oleh para penyanyinya.

9. Tamborin

Contoh Alat Musik Ritmis

Tamborin adalah alat musik ritmis tradisional yang dapat menghasilkan 2 bunyi sekaligus saat dimainkan. Bunyi pertama berupa suara gemerincing yang berasal dari tumbukan logam pada bagian sisi, sedangkan bunyi kedua berupa suara tabuhan yang berasal dari bagian membrannya. Alat musik ini diketahui berasal dari Eropa, namun di beberapa belahan dunia lain alat musik serupa juga banyak ditemukan.

B. Alat Musik Ritmis Modern


10. Drum

Contoh Alat Musik Ritmis modern


Drum adalah satu jenis alat musik ritmis modern yang merupakan hasil pengembangan dari alat musik pukul tradisional. Alat ini diberi tampilan modern karena bahannya bukan lagi dari kayu dan kulit, melainkan menggunakan bahan dasar plastik. Drum modern ini biasanya ditampil satu set yang terdiri dari banyak drum dengan beragam dimensi (kecil dan besar). Musik-musik modern saat ini (rock atau pop) banyak menggunakan alat musik ini. Cara memainkannya dengan memukul membran menggunakan stick yang terbuat dari kayu.

11. Triangle

Alat musik ritmis modern

Triangle adalah salah satu alat musik ritmis modern berbentuk segitiga. Alat musik ini terbuat dari logam, baik baja maupun dari bahan logam lainnya dan diberi gantungan dari kawat atau nilon sebagai pegangan. Triangle berkerja dengan cara menghasilkan bunyi dari getaran seluruh badan instrument (idiofoni). Cara memainkannya yaitu dengan memukul sisi bagian dalam maupun luar triangle sehingga menghasilkan bunyi.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian  dan 11 Contoh Alat Musik Ritmis (Tradisional dan Modern) beserta Gambarnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, 11 Contoh Alat Musik Ritmis (Tradisional dan Modern) + Gambarnya

0 komentar:

Posting Komentar