20 Macam Cabang Olahraga beserta Penjelasannya


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel Olahraga tentang 20 Macam atau Jenis Cabang Olahraga yang ada di dunia beserta dengan penjelasan singkat. Mari kita bahas selengkapnya..

20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya


1. Bulu Tangkis (Badminton)
20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Bulu tangkis atau dalam bahasa inggris disebut badminton merupakan salah satu cabang olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

Permainan bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Pemain atau pasangan pemain dinyatakan memangkan pertandingan jika telah memenangkan 2 set permainan.

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu:
  • Tunggal putra;
  • Tunggal putri;
  • Ganda putra;
  • Ganda putri; dan
  • Ganda campuran

2. Sepak Bola

macam-macam olahraga

Sepak bola adalah olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.

Dalam permainan sepak bola hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan, itupun hanya di dalam daerah gawangnya, sedangkan 10 (sepuluh) pemain yang lain hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.

Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan adalah pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, dapat dilakukan perpanjangan waktu, dan skor masih imbang dilanjutkan dengan adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.

3.  Tenis
20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Tenis merupakan olahraga yang dimainkan antara dua pemain atau antara dua pasangan (masing-masing dua pemain) yang saling berlawanan. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola karet. Tenis adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Tenis dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia. Olahraga ini dapat dimainkan oleh siapa saja, termasuk orang-orang yang duduk di kursi roda.

4. Bola basket


Bola basket adalah olahraga bola berkelompok dimana setiap kelompok atau tim beranggotakan 5 (lima) orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola dengan menggunakan tangan ke dalam keranjang lawan. Tim yang mencetak poin lebih banyak adalah pemenangnya.

Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Selain itu, bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya, antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania, dan juga di Indonesia.

5. Bola Voli
Macam-Macam Olahraga dan Penjelasannya

Bola voli merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 (enam) orang yang saling berlawanan.  Ada juga variasi permainan bola voli pantai yang setiap tim terdiri dua orang pemain. 

Permainan bola voli dilakukan dengan menggunakan tangan bertujuan memukul bola permainan  melewati jaring / net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

6. Tenis meja
sebutkan Macam cabang olahraga

Tenis meja, atau ping pong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan. Permainan tenis meja menggunakan bat, yaitu sebuah raket kecil yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet, sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja.

Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang anggotanya mencapai 215 negara dan PTMSI tercatat sebagai Anggota ITTF sejak tahun 1961.

7. Atletik
20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

 Atletik merupakan cabang olahraga gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi jalan, lari, lempar, dan lompat. 

a. Jalan
Jalan dibagi menjadi dua macam yaitu :
- Jalan Santai
- Jalan Cepat

b. Lari
Lari dibagi menjadi beberapa macam yaitu :
- Jarak pendek
  Putra : 100 m, 200 m, dan 400 m
  Putri : 100 m, 200 m, dan 400 m
- Jarak Menengah
  Putra : 800 m, 1500 m, dan 3000 m (special chosse)
  Putri : 800 m, dan 3000 m
- Lari Jauh
  Putra : 5000 m dan 10000 m
- Lari Marathon
  Putra/Putri 42,195 m
- Halang Rintang/Gawang
  Putra 110 m, dan 400 m
  Putri 100 m, dan 400 m
- Lari Estafet
  Putra : 4x100 m, dan 4x400 m
  Putri : 4x100 m, dan 4x400 m

c. Lempar

Lempar terdiri dari beberapa macam yaitu :
- Lempar cakram
- Lempar Lembing
- Lempar Martil
- Tolak Peluru

d. Lompat

Lompat terdiri dari beberapa macam yaitu :
- Lompat Jauh
Gaya : Jongkok/ Truck (kauer), Berjalan di udara/Lauf (walking/runing in the air), dan Menggantung/melenting/ schnepper/hang
- Lompat tinggi
Gaya : Gunting/Scissors, Guling Sisi/Western Roll, Guling/Straddle, dan Fosbury Floop
- Lompat Galah
- Lompat Jangkit

8. Dayung
Sebutkan 20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Olahraga dayung adalah salah satu cabang olahraga dengan ketangkasan, yaitu menggerakkan perahu dengan cara dikayuh atau didayung di atas air baik di sungai, danau maupun di laut, tergantung pada jenis perlombaan. Lomba ini membutuhkan kekuatan tenaga, keahlian berperahu, baik sendiri maupun berkelompok.

Dalam teknik mendayung hanya di kenal dua macam kayuhan yaitu dayung maju dan dayung mundur. Jika menginginkan perahu bergerak kedepan maka di gunakan dayung maju sedangkan dayung mundur untuk menghentikan perahu yang sedang bergerak maju atau memang menginginkan perahu bergerak mundur. Jika ingin membelokkan perahau ke kanan maka tangan kiri mendayung maju dan tangan kanan mendayung mundur , dan sebaliknya jika ingin membelok kekiri.

9. Tinju
Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut ronde. Dalam pertandingan tinju, atlet menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya.

Nilai diberikan untuk pukulan yang bersih dan mantap ke bagian depan pinggang ke atas yang sah dari lawan, dengan pukulan ke kepala dan dada mendapat nilai lebih. Petinju dengan nilai yang lebih tinggi setelah sejumlah ronde yang direncanakan akan dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan juga dapat dicapai jika lawan dipukul jatuh dan tidak dapat bangkit sampai hitungan kesepuluh dari wasit (suatu Knockout atau KO) atau jika lawan dinyatakan tidak mampu melanjutkan pertandingan (suatu Technical Knockout atau TKO). Untuk keperluan rekor pertandingan, TKO dihitung sebagai KO.

10. Berkuda
20 Macam Cabang Olahraga dan Penjelasannya

Berkuda adalah suatu olahraga yang menuntut suatu variabel tertentu antara lain keterampilan, kebugaran fisik dan penerapan teknik-teknik berkuda, walaupun barangkali tidak terlalu di tekankan kepada atlit.

Beberapa jenis olahraga berkuda yang umum diperlombakan di Indonesia antara lain : Polo Berkuda, Gymkhana Berkuda, Equestrian (ketangkasan berkuda). Equestrian sendiri terdiri dari tunggang serasi, lompat rintangan, trilomba, dan endurance.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : 20 Macam Cabang Olahraga beserta Penjelasannya

0 komentar:

Posting Komentar