Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan materi Biologi tentang Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem yang terdiri dari simbiosis, antibiosis, predasi, dan kompetisi beserta contohnya. Berikut artikel selengkapnya.


A. INTERAKSI ANTAR ORGANISME


Semua organisme atau makhluk hidup selalu bergantung kepada makhluk hidup lainnya. Semua individu akan selalu berinteraksi dengan individu lain yang sejenis ataupun jenis lainnya, baik individu dalam satu populasi maupun individu-individu dari populasi yang lain. Interaksi tersebut banyak kita jumpai di sekitar kita. Interaksi antar organisme dalam komunitas ada yang sangat erat dan ada yang kurang erat.

Interaksi antar organisme dapat dibedakan menjadi : simbiosis, antibiosis, predasi, dan kompetisi. Mari kita bahas selengkapnya..

1. Simbiosis
Simbiosis adalah bentuk hidup bersama dari organisme yang berbeda dengan hubungan yang erat. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.

Simbiosis dibedakan menjadi tiga, yaitu :

a. Simbiosis mutualisme

Adalah cara hidup bersama atau timbal balik antara dua jenis organisme yang berbeda jenis dan saling menguntungkan satu sama lain.

Contoh dari simbiosis mutualisme adalah sebagai berikut:

Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Lebah dan bunga. Lebah menghisap madu yang dihasilkan bunga. Saat lebah menghisap madu kakinya akan mengenai serbuk sari dan mengakibatkan serbuk sari melekat. Ketika lebah tersebut hinggap di bunga lain maka serbuk sari yang melekat dapat jatuh pada kepala putik dan penyerbukan dapat terjadi. Hal tersebut berarti, lebah dan bunga saling menguntungkan karena lebah mendapatkan makanan berupa madu, sedangkan bunga dibantu perkembangbiakannya.

Contoh lain adalah:
  • Ikan badut dan anemon laut.
  • Jamur dan ganggang.
  • Burung jalak dan badak
  • Kacang tanah dan bakteri Rhizobium.

b. Simbiosis komensalisme

Adalah cara hidup bersama atau timbal balik antara dua jenis organisme yang berbeda jenis,  salah satu organisme mendapatkan keuntungan, sedangkan lainnya tidak dirugikan.

Contoh simbiosis komensalisme :
  • Tumbuhan paku/anggrek dan pohon
  • Ikan remora dan hiu
  • Tumbuhan dan serangga atau laba-laba
c. Simbiosis parasitisme

Adalah cara hidup bersama atau timbal balik antara dua jenis organisme yang berbeda jenis, yang satu mendapatkan keuntungan sedangkan yang lain dirugikan. 

Organisme yang mendapatkan keuntungan disebut parasit, sedangkan organisme yang dirugikan disebut inang.

Parasit yang hidup pada inangnya dapat dibedakan menjadi ektoparasit dan endoparasit.

Ektoparasit adalah parasit yang hidup menempel pada tubuh inangnya dan mengambil zat-zat makanan dari luar tubuh inang. Contohnya: kutu rambut pada kepala manusia.

Endoparasit adalah parasit yang hidup di dalam tubuh inangnya. Contohnya adalah cacing pita pada tubuh manusia.

Contoh simbiosis parasitisme :
  • Benalu pada tumbuhan inang
  • Nyamuk dengan manusia.
  • Tali putri dan tanaman beluntas
  • Jamur dengan tubuh manusia
2. Antibiosis

Antibiosis suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang berbeda jenis, di mana makhluk hidup yang satu menghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang lain.

Contohnya antibiosis adalah interaksi antara jamur Penicillium dengan mikroorganisme lainnya. Jamur ini mengeluarkan racun yang dapat menghambat atau mematikan makhluk hidup yang lain disekitarnya.


3. Predasi

Predasi adalah hubungan antara makhluk hidup yang satu dengan makhluk hidup yang lain dimana makhluk hidup yang satu memangsa makhluk hidup yang lain. 

Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

Contoh : kucing memangsa tikus, elang memangsa ular, dan harimau memangsa zebra.

4. Kompetisi
Kompetisi adalah interaksi antar makhluk hidup sejenis maupun berbeda jenis yang saling bersaing untuk mendapatkan sumber daya umum (misal : air dan makanan) yang terbatas pada lingkungan yang sama.

Kompetisi antara spesies yang sama disebut kompetisi intraspesifik, sedangkan kompetisi antara spesie yang berbeda disebut kompetisi interspesifik

Contoh kompetisi :
  • Singa dan harimau bersaing dalam mendapat buruan.
  • Rusa, kerbau, dan zebra berkompetisi untuk mendapat rumput sebagai makanannya.
  • Berbagai macam tumbuhan dalam suatu area yang bersaing mendapatkan air, mineral, dan oksigen.
Kebalikan kompetisi adalah netralisasi. Netralisasi adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang tidak saling merugikan atau diuntungkan. 

Contoh netralisasi : burung bangau dan burung pipit di area sawah, burung bangau memakan siput, sedangkan burung pipit yang memakan padi di sawah.

B. INTERAKSI ANTAR POPULASI


Antara populasi yang satu dengan populasi lain selalu terjadi interaksi secara langsung atau tidak langsung dalam komunitasnya. Contoh interaksi antarpopulasi adalah sebagai berikut.


1. Alelopati

Alelopati merupakan interaksi antarpopulasi, bila populasi yang satu menghasilkan zat yang dapat menghalangi tumbuhnya populasi lain. Contohnya, di sekitar pohon walnut (juglans) jarang ditumbuhi tumbuhan lain karena tumbuhan ini menghasilkan zat yang bersifat toksik. Pada mikroorganisme istilah alelopati dikenal sebagai anabiosa.

Contoh Alelopati : jamur Penicillium sp. dapat menghasilkan antibiotika yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu.


2. Kompetisi

Kompetisi merupakan interaksi antarpopulasi, bila antarpopulasi terdapat kepentingan yang sama sehingga terjadi persaingan untuk mendapatkan apa yang diperlukan. Persaingan ini biasanya disebabkan makhluk hidup tersebut mempunyai kesamaan bahan makanannya.

Contoh : kawanan domba dan dan kawanan rusa yang hidup di dalam ekosistem padang rumput saling bersaing untuk mendapatkan rumput sebagai bahan makanannya.



C. INTERAKSI ANTAR KOMUNITAS (ANTAR KOMPONEN BIOTIK DAN ABIOTIK)

Komunitas adalah kumpulan populasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan saling berinteraksi. Contoh komunitas, misalnya komunitas sawah dan sungai. Komunitas sawah disusun oleh bermacam-macam organisme, misalnya padi, belalang, burung, ular, dan gulma. Komunitas sungai terdiri dari ikan, ganggang, zooplankton, fitoplankton, dan dekomposer. Antara komunitas sungai dan sawah terjadi interaksi dalam bentuk peredaran nutrien dari air sungai ke sawah dan peredaran organisme hidup dari kedua komunitas tersebut.

Interaksi antarkomunitas cukup komplek karena tidak hanya melibatkan organisme, tapi juga aliran energi dan makanan. Interaksi antarkomunitas dapat kita amati, misalnya pada daur karbon. Daur karbon melibatkan ekosistem yang berbeda misalnya laut dan darat.

Dengan adanya interaksi-interaksi tersebut, suatu ekosistem dapat mempertahankan keseimbangannya. Pengaturan untuk menjamin terjadinya keseimbangan ini merupakan ciri khas suatu ekosistem. Apabila keseimbangan ini tidak diperoleh maka akan mendorong terjadinya dinamika perubahan ekosistem untuk mencapai keseimbangan baru.

Materi terkait :
Ekosistem (Pengetian, Komponen, Interaksi, Tipe/Macam dan Contohnya) 
Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan (Materi Lengkap) 
Piramida Makanan / Ekologi (Pengertian, Jenis, Contoh) 
Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem


Referensi :
http://nhakim696.blogspot.co.id/2012/12/interaksi-antar-organisme.html
Klikbelajar.com
https://unguvioolet.wordpress.com/ipa-1/biologi/komponen-ekosistem-peran-dan-interaksinya/pola-interaksi-organisme/

Demikian materi Biologi tentang Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem yang terdiri dari simbiosis, antibiosis, predasi, dan kompetisi beserta contohnya yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Dapatkan Update Terbaru Via Email
Tags :

Related : Interaksi Antar Organisme Dalam Ekosistem

0 komentar:

Posting Komentar