Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan Fungsinya


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Macam-macam Alat Dapur Modern dan fungsinya meliputi alat untuk memasak, alat untuk menyiapkan dan menyimpan bahan makanan. Mari kita bahas selengkapnya.

Jenis Alat Dapur Modern Dan Fungsinya


Peralatan dapur modern pada dasarnya terdiri dari peralatan masak, peralatan mencuci perabot dapur, peralatan meracik masakan, peralatan penyimpan bahan masakan, dan lainnya.  

Jenis Alat Dapur Modern Untuk Memasak

  • Kompor masak

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan FungsinyaBerbeda dengan proses memasak tradisional yang masih menggunakan tungku dan kayu bakar atau menggunakan kompor minyak tanah, proses memasak pada masa sekarang lebih didominasi dengan penggunaan kompor modern. Pilihan kompor masak modern saat ini adalah kompor gas atau kompor listrik.



  • Wajan penggorengan

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan FungsinyaPada umumnya wajan modern menggunakan bahan anti lengket yang membuat makanan yang digoreng tidak akan lengket. Selain itu, model dan ukurannya juga jauh lebih beragam, yang dipergunakan untuk metode penggorengan yang berbeda pula.



  • Wajan pemanggang

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan FungsinyaWajan pemanggang adalah salah satu peralatan masak modern yang bisa menggantikan fungsi pemanggang dengan menggunana bara api. Wajan seperti ini bisa dipergunakan untuk memanggang berbagai jenis makanan langsung diatas api kompor. 


  •  Panci.
Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan Fungsinya
Panci yang dipergunakan untuk merebus makanan. Model dan bentuk panci saat ini sangatlah bervariasi dimana ada yang dikenal dengan nama stock pot untuk memasak makanan berkuah dan ada juga yang dinamakan panci slow cooker yang khusus dipergunakan untuk merebus sesuatu dalam jangka waktu sangat lama.




  •  Oven microwave

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan kegunaan
Penggunaan oven microwave bertenaga listrik sebagai peralatan masak modern sudah sangat umum ditemukan. Secara tidak langsung, oven seperti ini menggantikan oven tradisional yang menggunakan api kompor, dimana pada oven seperti ini, suhu untuk memasak bisa diatur sesuai dengan yang diinginkan. Untuk usaha atau industri makanan yang besar, bisa ditemukan juga oven bertenaga gas elpiji.



  • Toaster

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan kegunaan
Toaster berfungsi untuk memanggang roti.

  • Rice Cooker

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan gambar
Rice cooker berfungsi untuk menanak nasi.

Alat Dapur Modern Untuk Menyiapkan Bahan Masakan

  • Magic blender

Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern beserta Fungsinya
Magic blender adalah alat serbaguna yang dapat memotong, mengiris, mencacah, menghaluskan, dan melumatkan berbagai macam bahan makanan, membantu mengurangi waktu persiapan di dapur. Ini adalah blender kecil dengan manfaat besar, terutama untuk dapur apartemen mungil tanpa banyak ruang untuk menyimpan peralatan berukuran besar. Ya, alat ini ringkas, dapat diletakkan di mana pun di dapur. Penggunanya menemukan bahwa bagian yang menyenangkan dari memiliki Magic Blender adalah momen eksperimen ketika mereka mencoba resep baru dan cara-cara baru saat menggunakannya.

  • Mixer adalah  alat yang digunakan untuk mencampur bahan adonan yang biasanya digunakan untuk pembuatan kue.
  • Meat Grinder adalah   alat   untuk  menghancurkan / menggiling    daging   ataupun   sayuran  menjadi potongan yang kecil – kecil / halus.  
  • Meat Slicer sebuah  alat  yang digunakan untuk mengiris daging, sayuran,  atau  roti kedalam  irisan  tipis  sesuai  yang  di  inginkan, ketebalan  dari tiap irisan dapat diatur  dengan  cara  memutar tombol  pengatur  ketebalan,  dan  untuk mengoperasikannya mempergunalan listrik.
  • Potato Peeler adalah  alat  untuk  mengupas kentang dalam jumlah banyak, prinsip  kerjanya  mirip  dengan   mesin  pengering   pakaian,  namun   pada   potato  peeler,  bagian  dalamnya  dilapisi   dengan  lapisan batu yang kasar sehingga kulit kentang  dapat terkelupas.

Alat dapur Modern Untuk Menyimpan Bahan Masakan


Salah satu alat modern untuk menyimpan bahan makanan adalah refrigerator. Refrigerator    mempunyai fungsi dan kegunaan yang sangat besar,  bisa  menyimpan  bahan – bahan  menjadi tahan lama dan dengan suhu / temperature yang sudah diatur sesuai  dengan fungsinya.


Sumber :
http://sudut-rumah.com/jenis-alat-dapur-modern-dan-fungsinya/ 
https://unpetitecooked.wordpress.com/2016/01/21/pengetahuan-alat-boga/
Sumber-sumber lainnya.

Demikian artikel tentang Macam-macam Alat Dapur Modern dan kegunaan / Fungsinya (beserta gambar) meliputi alat untuk memasak, alat untuk menyiapkan dan menyimpan bahan makanan. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : Macam-macam Alat Masak / Dapur Modern dan Fungsinya

0 komentar:

Posting Komentar