Contoh Menceritakan Tokoh Idola


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan Materi Bahasa Indonesia Kelas VII Semester 2 / Genap : Tokoh Idola meliputi Pengertian tokoh idola, kriteria penulisan tokoh idola, contoh menceritakan tokoh idola dan  latihan soal.

TOKOH IDOLA
Tujuan Pembelajaran :
-   Siswa mampu menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas ,keunggulan dan alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai.

A. Pengertian Tokoh Idola
                Dalam kehidupan manusia,tentunya akan ada tokoh yang menjadi idola. Tokoh idola yaitu tokoh yang disenangi,banggakan atau dikagumi.
                         Biasanya tokoh idola ini memilki kelebihan-kelebihan sehingga menjadi teladan yang ingin kita contoh atau tiru. Kelebihan-kelebihan tokoh tersebut dapat berupa perilakunya , fisik atau jasmaninya, ajaran-ajarannya maupun kehidupan pribadinya.Tokoh –tokoh tersebut dapat berasal dari ; tokoh film atau sinetron, tokoh agama, negarawan , sastrawan , pendidik atau guru dll.

B.  Kriteria Penulisan Tokoh Idola
                Menceritakan tokoh idola itu membutuhkan pengetahuan tentang diri tokoh idola tersebut.Pengetahuan tentang  tokoh idola itu bisa didapatkan dari membaca koran ,majalah,atau biografi tokoh idola.Selain itu dapat juga dilakukan  dengan  berwawancara langsung dengan tokoh idola.Hal-hal yang perlu diungkapkan saat menceritakan tokoh idola antara lain :
     1. Identitas tokoh yang meliputi ;
         a. nama lengkap tokoh dan pangggilan
         b. tempat dan tanggal lahir tokoh
         c. alamat tokoh
         c. nama orang tua tokoh
         d.anggota keluarga tokoh ( istri dan anak ).
     2. Pengalaman tokoh
                      Pengalaman tokoh idola yang perlu untuk diungkapkan saat menceritakan tokoh idola antara lain :
       
            a.  Pengalaman Pendidikan Tokoh .
                     Dalam hal ini penulis perlu menceritakan pengalaman-pengalaman sekolah yang dialami oleh tokoh ,mulai dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah tertinggi tokoh.Namun ,boleh juga dengan menceritakan pengalaman-penglaman pendidikan yang menunjukkan kelebihan tokoh;seperti ;tokoh mendapat beasiswa atau penghargaan yang lain saat menempuh pendidikan, lomba-lomba dan prestasi tokoh idola.
          b. Pekerjaan Tokoh
                    Pekerjaan tokoh yang perlu diceritakan penulis yaitu apa pekerjaan dari sang tokoh serta hasil kerja tokoh yang menunjukkan kehebatan atau kelebihan dari tokoh tersebut.Selain itu juga jabatan-jabatan yang pernah dipegang atau dijabat oleh tokoh.dll.
         c.  Kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki tokoh
                    Tentunya setiap tokoh akan memiliki kelebihan –kelebihan yang bersifat pribadi yang berbeda dengan orang lain.Jika memang penulis menemukan kelebihan tersebut pada diri tokoh idola yang menunjukkan kelebihan yang membuat tokoh tersebut pantas diidolakan ,sebaiknya ditulis sebagai pelengkap kelebihan yang dimilki tokoh idola.
 C. Contoh Menceritakan Tokoh idola

SUTAN TAKDIR ALISJAHBANA
        Nama lengkapnya Sutan Takdir Alisjahbana.Tetapi ia lebih dikenal sebagai STA,yang merupakan singkatan dari namanya.Ia adalah seorang cendekiawan,budayawan,dan sastrawan terkenal.Karya satranya yang sangat terkenal adalah ; Tak Putus Dirundung Malang, Dian yang Tak Kunjung Padam, Layar Terkembang, Kalah dan Menang, Tebaran Mega, Perempuan di Persimpangan Jalan .dll.
            Pada tahun 1993,Ia mendirikan majalah Poejangga Baroe bersama beberapa kawannya.Tahun 1930 sampai tahun 1942,Ia menjabat sebagai redaktur Balai Pustaka.Pada saat itu,terjadi polemik antara Sutan Takdir Alisjahbana dengan sejumlah tokoh seperti Ki Hajar Dewantara dan dr.Soetomo.Polemik ini,kemudian dikenal sebagai polemik kebudayaan.
            STA sangat dikenal di dunia internasional.Ia menjadi anggota beberapa organisasi ilmiah tingkat internasional.Ia bahkan pernah mengajar di beberapa perguruan tinggi di Asia dan Amerika.
            Sutan Takdir Alisjahbana ,lahir di Natal Sumatra Utara tanggal 11 Februari 1908.Ayahnya bernama Raden Alisjahbana bergelar Sutan Amin.Pekerjaan ayahnya seorang guru di Bengkulu.
           STA dikarunia sembilan orang anak.Analk-anaknya banyak yang mengikuti keberhasilan bapaknya.Salah satu anaknya ,Prof.Dr.Ing.Iskandar Alisjahbana,pernah menjabat sebagai rektor Institut Tekhnologi Bandung.
           Atas peran sertanya dalam bidang kebudayaan ,pemerintah Republik Indonesia menganugerahi Satya Lencana Kebudayaan kepada Sutan Takdir Alisjahbana.

Latihan Soal 1
        Tentukan bagian-bagian cerita pada tokoh idola di atas yang merupakan :
1. Identitas tokoh
2. Pengalaman pendidikan atau pekerjaan tokoh
3. Kelebihan – kelebihan lain yang dimilki tokoh.

Latihan  Soal 2
        Ceritakanlah mengenai guru idolamu  yang ada di sekolahmu! Untuk dapat mengetahui  keadaan dari guru idolamu, lakukan wawancara dengan sang guru untuk mendapatkan data sang guru idola! Sebagai acuan wawancara buat pertanyaan tentang identitas tokoh,pengalaman pendidikannya,pengalaman pekerjaannya dan kelebihan-kelebihan tokoh !
Demikian Materi Bahasa Indonesia Kelas VII Semester 2 / Genap : Tokoh Idola meliputi Pengertian tokoh idola, kriteria penulisan tokoh idola, contoh menceritakan tokoh idola dan  latihan soal. Semoga bermanfaat...


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email

Related : Contoh Menceritakan Tokoh Idola

0 komentar:

Posting Komentar