Seni Rupa Murni dan Terapan (Pengertian, Contoh)


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni dan Terapan beserta gambarnya. Silakan disimak selengkapnya..

Seni Rupa Murni


Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni adalah seni yang diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsinya tetapi untuk dinikmati keindahannya. Seni rupa murni lebih bebas dan biasanya memiliki nilai estetika yang tinggi. Fungsinya hanya sebagai pajangan dan tidak dapat digunakan untuk mempermudah hidup kita. Contoh seni rupa murni adalah lukisan, kaligrafi, dan patung. Karya seni rupa murni sering ditemukan di museum seni atau di dalam bangunan sebagai pajangan atau penghias ruangan.

Fungsi seni rupa murni hanya semata-mata sebagai pajangan untuk memenuhi kepuasan batin akan estetika. 

Contoh Seni Rupa Murni

1. Patung, adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan membuat bentuk visual melalui tiga dimensi untuk tujuan estetika. Patung biasa biasa terdapat di meja, di lobi gedung, persimpangan jalan, taman, dll yang umumnya berwujud manusia, hewan, dan makhluk mitologi.
seni rupa murni patung

2. Relief, adalah gambaran atau lukisan dalam bentuk dua dimensi (dwi marta) atau tiga dimensi (tri marta). Umumnya relief biasa terdapat di tugu peringatan dan candi-candi. Relief berisi diorama dan nilai sejarah tinggi.
seni rupa murni : relief

3. Lukisan, adalah karya seni yang terbuat dari polesan cat menggunakan kuas, pisau palet, atau peralatan lain di sebuah kanvas sebagai media.
seni rupa murni : lukisan

4. Topeng, adalah seni yang menutupi wajah dengan ekspresi yang dibuat dari kertas, kayu, plastik, logam atau kain. Topeng biasanya digunakan saat pertunjukan drama atau tari.

seni rupa murni : topeng


5. Ukiran, adalah seni memahat baik batu maupun kayu dengan bentuk yang kita inginkan. Biasanya berbentuk bunga, manusia, hewan dan dijadikan hiasan dirumah.
seni rupa murni : ukiran

6. Seni Kaligrafi, adalah jenis karya seni rupa dengan menekankan keindahan bentuk huruf dengan berbagai modifikasi sehingga menampilkan nilai-nilai estetika.
seni rupa murni : kaligrafi

7. Mozaik, adalah seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik atau kaca. Seni mosaik biasa ditemukan di gereja atau arsitektur romawi.

seni rupa murni : mozaik


8. Fotografi, seni yang biasanya dibuat sebagai ekspresi dari fotografer. Fotografi berfungsi sebagai ilustrasi atau hiasan pada buku, media massa, atau bahkan dapat dicetak untuk dipajang di tembok.

seni rupa murni : kaligrafi


9. Kerajinan dari Keramik
 
seni rupa murni : kerajinan keramik

Banyak sekali kerajinan dari keramik yang termasuk seni rupa murni. Seperti guci atau piring keramik yang bernilai seni tinggi. Piring tersebut tidak mungkin dijadikan tempat makan karena lebih indah jika dipakai sebagai pajangan.

10. Kerajinan Gantungan

seni rupa murni : kerajinan gantungan

Di sentral-sentral kerajinan, seringkali kita menemukan orang yang menjual gantungan kunci dengan bentuk sesuai tempat wisata yang kita kunjungi. Misalnya saat kita berada di Candi Borobudur, kita akan menemukan penjual gantungan kunci berbentuk seperti Candi Borobudur. Ada juga yang menjual gantungan berbahan bambu yang ketika terkena angin akan terdengar suara yang menenangkan. Biasanya gantungan tersebut digantung di teras rumah atau di gazebo. Nah, gantungan-gantungan tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu contoh seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai penghias kunci atau penghias teras rumah.

Seni Rupa Terapan

Pengertian Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan adalah seni yang diciptakan untuk digunakan sehari-hari namun tetap memiliki nilai estetika. Nilai estetika tidak terlalu diperhatikan karena seniman lebih mementingkan nilai guna sehingga seniman tersebut tidak bisa bebas mengekspresikan dirinya dalam seni rupa terapan. Seni rupa ini terdapat hampir di semua benda yang kita gunakan sehari-hari seperti arsitektur, pakaian, peralatan dapur, peralatan keagamaan, dll. Saat membuat sebuah karya seni rupa terapan, seniman harus memperhatikan beberapa faktor diantaranya estetika, keamanan, kenyamanan, dan nilai guna. 

Fungsi Seni Rupa Terapan

Karya seni rupa terapan memiliki dua fungsi sebagai berikut.
1. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat praktis (kegunaan), yaitu karya yang fungsi pokoknya sebagai benda pakai, selain juga memiliki nilai hias. Misalnya, perabotan rumah tangga, seperti meja dan kursi, lemari, dan tekstil.

2. Pemenuhan kebutuhan yang bersifat estetis (keindahan), yaitu fungsi yang semata-mata sebagai benda hias. Misalnya, karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding dan benda-banda kerajinan untuk penghias ruangan.

Contoh Seni Rupa Terapan

1. Arsitektur
seni rupa terapan : arsitektur

 Arsitektur tentu saja tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja. Tetapi juga digunakan dalam banyak hal terutama tempat tinggal. Adapun digunakan juga sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, bisnis, dan masih banyak lagi.
 
2. Pakaian

Pakaian merupakan benda yang paling sering kita pakai dan merupakan hal yang paling menonjol dari kita selain penampilan tubuh. Maka dari itu, memilih pakaian juga harus yang bagus. Nah, itu sudah berarti bahwa pakaian juga memiliki arti seni dan termasuk dalam seni rupa terapan.
 
3. Poster

Poster adalah karya seni grafis pada sebuah kertas berukuran besar yang biasanya memuat gambar dan huruf. Poster harus memiliki unsur seni supaya menarik perhatian banyak orang. Disamping itu, poster juga memiliki nilai kegunaan yaitu untuk mempromosikan sesuatu atau mengajak untuk berbuat sesuatu.
 
4. Alat Transportasi

Alat transportasi kini semakin canggih, cepat, dan modern. Ini disebabkan karena persaingan yang semakin ketat. Selain kegunaannya, alat transportasi juga mengandung unsur seni. Biasanya alat-alat transportasi sekarang menggunakan seni modern.
 
5. Senjata Tradisional

seni rupa terapan keris

 Di beberapa tempat, senjata tradisional masih digunakan. Biasanya senjata tradisional ini digunakan untuk berburu. Senjata tradisional pun mengandung unsur seni yang berbeda-beda sehingga memiliki ciri khas pada setiap jenisnya.
 
6. Peralatan Rumah

Peralatan atau perabotan rumah tangga memiliki beragam fungsi. Contohnya kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan lain-lain. Selain itu, untuk membuat rumah menjadi semakin indah sehingga pemiliknya betah, maka peralatan rumah tersebut diberikan unsur seni yang sesuai dengan kesukaan pemilik rumah tersebut.
 
7. Peralatan Dapur

Peralatan dapur pada jaman dahulu memiliki nilai seni yang tinggi disamping kegunaannya. Seringkali peralatan dapur diberi ornamen sehingga lebih indah.
 
8. Peralatan Makan

Peralatan makanan seperti sendok, garpu, piring, dan gelas juga telah diberikan sentuhan seni. Bahkan ada yang terbuat dari bahan yang mahal seperti perak.
 
Demikian artikel tentang Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni dan Terapan beserta gambarnya. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : Seni Rupa Murni dan Terapan (Pengertian, Contoh)

1 komentar: