Contoh Makalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan Contoh Makalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan judul “Penulisan Karya Ilmiah” yang dapat anda download di akhir artikel.


Contoh Makalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar


Berikut ini adalah cuplikan makalah bahasa indonesia dengan judul “Penulisan Karya Ilmiah”. Untuk selengkapnya silakan klik link di bawah.



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur Tim Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat-Nya yang telah dilimpahkan kepada Tim Penulis sehingga Tim Penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Penulisan Karya Ilmiah” yang merupakan salah satu tugas terstruktur Bahasa Indonesia pada semester dua.
Dalam karya ilmiah ini kami membahas mengenai bagaimana mengidentifikasikan masalah tulisan, latar belakang, tujuan dan manfaat penulisan, mengindentifikasi kerangka teori, formulasi isi tulisan dan bagaimana membuat kesimpulan dan saran dalam karya ilmiah.

Dalam menyelesaikan karya ilmiah ini, Tim Penulis telah banyak mendapat bantuan dan masukan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini Tim Penulis ingin menyampaikan terima kasih kepada :

1.    Ibu Nata Margareta, S.Pd selaku Dosen mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas mengenai karya ilmiah ini sehingga pengetahuan Tim Penulis dalam penulisan karya ilmiah makin bertambah dan hal itu sangat bermanfaat bagi penyusunan skripsi kami di kemudian hari.
2.    Pihak-pihak yang tidak dapat Penulis sebutkan satu persatu yang telah turut membantu sehingga karya ilmiah ini dapat terselesaikan dengan baik dalam
waktu yang tepat.

Penulis menyadari bahwa penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari kesempurnaan, namun demikian telah memberikan manfaat bagi Tim Penulis. Akhir kata Tim Penulis berharap karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran yang bersifat menbangun akan Tim Penulis terima dengan senang hati.


             Blora, 15 Desember 2015




Penulis
 



DAFTAR ISI


Kata Pengantar
i
Daftar Isi
ii
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
1
B. Rumusan Masalah
2
C. Tujuan Penelitian
3
D. Manfaat Penelitian
3
BAB II
KERANGKA TEORI
5
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
7
BAB IV PEMBAHASAN

A. Identifikasi Masalah Tulisan
8
B. Menulis Latar belakang Masalah
9
C. Menulis Tujuan Penulisan
10
D. Menulis Manfaat Tulisan
10
E. Kajian Teori
10
F. Formulasi Isi Tulisan
12
1.
Tahap Persiapan
12
2.
Tahap Pengorganisasian Data
13
3.
Tahap Mengolah Data
14
4.
Jenis Hubungan Data
15
G. Membuat kesimpulan dan Saran
16
1.
Pengertian Kesimpulan dan Saran
16
2.
Langkah-langkah Menyusun Kesimpulan dan Saran
17
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan
19
B. Saran
20
DAFTAR PUSTAKA










BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang

Menulis laporan penelitian karya ilmiah acap kali menjadi masalah bagi seseorang yang sudah menyelesaikan proposal penelitian ilmiah, atau bahkan sudah melaksanakan penelitian. Berbagai alasan seperti kesibukan, sedikitnya waktu, tidak adanya biaya sering menjadi kambing hitam atas ketidakberdayaan kita menyelesaikan laporan hasil penelitian karya ilmiah. Akhirnya, setelah berbulan-bulan penelitian ilmiah dilaksanakan laporan hasilnya belum juga selesai. Banyak kasus, mahasiswa yang sudah menyelesaikan Ujian Negara masih bermasalah karena belum menyelesaikan skripsi atau tesisnya.

Menyelesaikan laporan karya ilmiah terkait dengan kegiatan menulis. Seperti yang kita ketahui, menulis merupakan keterampilan berbahasa yang masih menjadi masalah di negeri kita. Keterampilan menulis memang tidak bisa lahir dengan serta merta. Diperlukan kolaborasi antara talenta manusia dengan wawasan kebahasaan. Talenta melahirkan semangat menulis, dan wawasan kebahasaan menjadi bekal untuk terampil menulis. Talenta saja tidak cukup, sebab sebagai sebuah skill, seperti halnya naik sepeda, kegiatan menulis perlu dilatih atau diasah. Semakin sering berlatih, maka kemampuan menulis akan semakin baik. Untuk sekedar naik sepeda, hanya diperlukan waktu sekitar satu bulan, dan untuk menjadi seorang atlet balap sepeda, diperlukan latihan bertahun-tahun. Sama halnya dengan belajar menulis. Untuk sekedar bisa menulis, dibutuhkan waktu beberapa bulan saja, tetapi untuk menjadi penulis yang handal, yang tulisan-tulisannya ditunggu oleh para pembaca, tentu dibutuhkan waktu latihan yang lebih lama lagi.

Tulisan bersifat efektif bila didasarkan atas prinsip-prinsip yang sama dengan penyelidikan yang dilakukan sebelumya, yaitu kejelasan, ketetapan (bebas dari kesalahan), dan kenalaran. Seperti halnya dengan sebuah percobaan, tulisan harus didasarkan atas organisasi yang mantap dan rapih: “Organisasi yang baik merupakan kunci tulisan yang baik” (Peterson 1980). Penulisan dan pikiran merupakan dua hal yang saling berkaitan: sebuah tulisan yang disusun dengan buruk sering mencerminkan percobaan yang kurang terorganisasi dengan latar belakang pikiran yang kacau. Sebaliknya, penyusunan tulisan dapat membantu penulis dalam pengertian masalah yang diselidikinya. Organisasi yang baik juga menimbulkan kesederhanaan. Percobaan ilmiah kerap sangat rumit, tetapi laporannya perlu ditulis dengan sederhana supaya dapat dibaca dan ditafsirkan dengan mudah oleh orang lain (spesialis maupun bukan spesialis).

Menulis laporan hasil penelitian, tidak berbeda dengan menyusun tulisan ilmiah populer lainnya. Secara teknis, bedanya pada kerangka tulisan. Tulisan ilmiah hasil penelitian harus ditulis berdasarkan kerangka yang sudah baku. Kerangka laporan hasil penelitian terdiri atas, Pendahuluan, Kajian Teori, Metodologi Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, serta Simpulan dan Saran, yang ditambah dengan lampiran-lampiran bukti hasil penelitian.

Oleh karena itu, dalam karya ilmiah ini kami mengangkat masalah penulisan karya ilmiah. Tim Penulis mencoba menyusun suatu karya tulis mengenai bagaimana mengidentifikasikan masalah tulisan, latar belakang, tujuan dan manfaat penulisan, mengindentifikasi kerangka teori, formulasi isi tulisan dan bagaimana membuat kesimpulan dan saran dalam karya ilmiah.


B.     Rumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini adalah :

1.      Bagaimana mengidentifikasi masalah tulisan?

2.      Bagaimana menulis latar belakang?

3.      Bagaimana menulis tujuan dan manfaat penulisan karya ilmiah?

4.      Bagaimana mengidentifikasi kerangka teori dalam karya ilmiah?

5.      Bagaimana memformulasikan isi tulisan?

6.      Bagaimana membuat kesimpulan dan saran?

 
 
C.    Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini adalah untuk :

1.      Mengetahui cara mengidentifikasi masalah tulisan.

2.      Mengetahui cara menulis latar belakang masalah.

3.      Mengetahui cara menulis tujuan dan manfaat penulisan karya ilmiah.

4.      Mengetahui cara mengidentifikasi kerangka teori dalam karya ilmiah.

5.      Mengetahui bagaimana memformulasikan isi tulisan.

6.      Mengetahui cara membuat kesimpulan & saran.


D.    Manfaat Penelitian

1.      Ada banyak manfaat yang baik dari pembuatan karya ilmiah. Jika tidak ada manfaatnya maka tentu saja Sekolah atau instansi sejenisnya tidak akan menuntutnya. Beberapa manfaat antara lain :Melatih kreatifitas siswa dalam menuangkan gagasan pemikirannya (ide-idenya) tentang suatu kajian atau topik dari ilmu-ilmu yang sudah didalami. Di sini secara tidak langsung penulis juga dilatih untuk menerapkan kemampuan berpikir secara logis-sistematis, kemampuan membahasakan, kemampuan menganalisis-kritik, dll.
2.      Karya tulis itu, bukan hanya berguna bagi penulis saja tetapi juga sebagai bahan referensi ilmiah dan sumbangan pengetahuan bagi sekolah, bagi para pembaca tentang apa yang anda sumbangkan lewat ide penulis melalui karya ilmiah tersebut.
3.      Sebagai tuntutan akademik bagi para akademisi yang ingin berpetualang terus dalam dunia pengetahuan dan pendidikan. Dengan hasil karya tulis, penulis dilatih secara khusus untuk terbiasa menulis atau mengolah sesuatu yang menjadi obyek tulisan ilmiah anda sehingga dapat mempermudah anda manakala melanjutkan studi-studi ilmiah dan untuk mencapai gelar-gelar ilmiah lainnya.

Download Contoh Makalah Bahasa Indonesia Penulisan Karya Ilmiah(format .docx (word), halaman : 23, ukuran file : 52 KB)


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email

Related : Contoh Makalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar

0 komentar:

Posting Komentar