Apresiasi Seni Rupa (Pengertian, Manfaat, Tujuan)


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Apresiasi Seni Rupa meliputi Pengertian, Manfaat dan Tujuan Apresiasi Seni Rupa.

Apresiasi Seni Rupa (Pengertian, Manfaat, Tujuan)

Sebelum membahas tentang Pengertian Apresiasi Seni Rupa secara umum, mari kita bahas arti / pengertian per katanya :

Apresiasi
Apresiasi adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandiangkan atau menghargai suatu karya seni.

Karya
Karya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dan membuahkan hasil.

Seni
Seni adalah suatu strategi yang digunakan oleh seseorang dengan cara mengimajinasikan inspirasinya menjadi nyata supaya terlihat indah dan menarik.

Rupa
Rupa adalah wujud, bidang, garis, gelap terang / value, warna pada suatu karya.

Pengertian Apresiasi Seni Rupa

Apresiasi seni rupa adalah aktivitas mengindra karya seni rupa, merasakan, menikmati, menghayati dan menghargai nilainilai keindahan dalam karya seni serta menghormati keberagaman konsep dan variasi konvensi artistik eksistensi dunia seni rupa.

Secara teoretik menurut Brent G. Wilson dalam bukunya Evaluation of Learning in Art Education; apresiasi seni memiliki tiga domain, yakni perasaan (feeling), dalam konteks ini terkait dengan perasaan keindahan, penilaian (valuing) terkait dengan nilai seni, dan empati (emphatizing), terkait dengan sikap hormat kepada dunia seni rupa, termasuk kepada profesi perupa (pelukis, pepatung, pegrafis, pekeramik, pedesain, pekria, dan lain-lain). karena menyadari peran dan kontribusi para seniman tersebut bagi masyarakat, bangsa dan negara, atau bagi nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya.

RINGKAS
Apresiasi seni rupa adalah aktivitas mengindra karya seni rupa, menghargai nilai-nilai keindahan, keberagaman, dan kaidah artistik eksistensi dunia seni rupa. Sikap apresiatif ini terbentuk, atas kesadaran akan kontribusi para seniman bagi bangsa dan negara, atau bagi nilai-nilai kemanusiaan pada umumnya. Pengenalan akan tokoh-tokoh budaya, perupa murni, pedesain, dan pekria, dan reputasinya, adalah upaya nyata mengembangkan perasaan simpati, yang jika dilakukan berulang-ulang akan meningkat menjadi perasaan empati. 

Manfaat dan Tujuan Apresiasi Seni Rupa

Ada dua fungsi dari kegiatan apresiasi seni yaitu :
1.  Agar kita dapat meningkatkan dan memupuk kecintaan kepada karya bangsa sendiri dan sekaligus kecintaan kepada sesama manusia.
2.  Sebagai penikmatan, penilaian, empati dan hiburan.

Apresiasi seni juga besar manfaatnya bagi ketahanan budaya Indonesia. Melalui kegiatan apresiasi kesenian Indonesia, kita dapat lebih mengenal dan menghargai budaya bangsa sendiri.Tujuan akhir apresiasi karya seni rupa antara lain :
1.   Untuk mengembangkan kreasi
2.   Untuk mengembangkan estetis
3.   Mengembangkan dan penyempurnaan hidup. 

Demikian artikel tentang Apresiasi Seni Rupa meliputi Pengertian, Manfaat dan Tujuan Apresiasi Seni Rupa. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apresiasi Seni Rupa (Pengertian, Manfaat, Tujuan)

0 komentar:

Posting Komentar