Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur)


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang materi Bahasa Indonesia : Teks Prosedur Kompleks meliputi Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks. Silakan disimak selengkapnya.
 Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur)
1. Pengertian Teks Prosedur Kompleks 

Teks Prosedur Kompleks adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan dalam langkah tersebut.

2. Tujuan Teks Prosedur Kompleks 

Tujuan penulisan Teks Prosedur Kompleks adalah untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut.

3. Ciri Teks Prosedur Kompleks

3.1. Ciri Umum Teks Prosedur Kompleks
  • Berisikan langkah-langkah
  • Disusun secara informatif
  • Dijelaskan secara mendetail
  • Bersifat objektif
  • Langkah berkelanjutan dengan penjelasan
  • Menggunakan syarat/pilihan
  • Bersifat universal
  • Bersifat aktual dan akurat
  • Bersifat logis
3.2. Ciri Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks
  • Terdapat kalimat imperatif : kalimat yang mengandung perintah
  • Terdapat kalimat deklaratif : kalimat yang berisi pernyataan
  • Terdapat kalimat introgatif : kalimat yang berisi pertanyaan
  • Terdapat bilangan urutan : angka yang menunjukkan urutan
  • Partisipan manusia secara umum : semua manusia yang ikut serta dalam teks tersebut
  • Verbal material : Verba atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik
  • Verba tingkah laku : Verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal (bukan sikap mental yang tampak)
  • Konjungsi Temporal : Konjungsi yang mengacu pada urutan waktu sekaligus menjadi sarana kohesi teks
  • Menggunakan kata baku
  • Menggunakan konjungsi syarat
4. Struktur Teks Prosedur Kompleks

Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun. Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian material, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah.
  1. Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
  2. Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini (umumnya terdapat dalam resep masakan).
  3. Bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.

5. Contoh Teks Prosedur Kompleks

Contoh Teks Prosedur Kompleks (1)
Cara Mencuci Pakaian dengan Benar
Mencuci pakaian adalah rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Ini merupakan kegiatan yang mudah dan tampak sepele. Kendati demikian, ada banyak hal yang harus kita perhatikan agar pakaian yang dicuci menjadi benar-benar bersih dan tidak rusak akibat kesalahan-kesalahan tertentu. Berikut ini, saya akan memberikan langkah-langkah tentang bagaimana cara mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan benar.
1. Taruh pakaian yang akan dicuci ke dalam mesin cuci
Mesin cuci, secara umum mempunyai dua sisi. Sisi sebelah kiri merupakan bagian yang lebih besar dan digunakan untuk mencuci pakaian Anda. Sementara itu, sisi kanan yang mempunyai lubang lebih kecil digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci.
Pertama, tentu Anda harus mencuci terlebih dahulu. Masukkan pakaian-pakaian ke dalam sisi sebelah kiri. Pastikan tidak ada satupun pakaian yang luntur karena warnanya bisa bercampur antara satu dengan yang lainnya. Kemudian, Anda juga harus memisahkan pakaian yang mudah melar. pakaian-pakaian yang mudah melar seperti sweater akan buruk hasilnya apabila dicuci menggunakan mesin. Cara mencuci seperti itu akan menghasilkan pakaian yang benar-benar melar dan sudah barang tentu tak indah lagi dipandang serta tak nyaman dipakai.
2. Isi air secukupnya
Beri air secukupnya pada sisi kiri dimana Anda telah memasukkan pakaian tadi. Air secukupnya yang dimaksud adalah air tersebut telah menenggelamkan seluruh pakaian. Setelah air dirasa cukup, beri detergen secukupnya dan putar tombol ke arah waktu 10 menit. Nantinya turbin yang ada di dalam mesin cuci akan bergerak memutar dan menggerakkan pakaian Anda. 
10 menit kemudian, buang air cucian tersebut dengan memutar tombol ke arah "drain". Setelah pembuangan air selesai, Anda harus memutar tombol tersebut ke arah semula dan isi kembali air sesuai dengan takaran awal tadi. Putar tombol ke arah 10 menit dan biarkan. Ulangi proses tersebut selama 3 kali dengan tujuan agar pakaian Anda bersih dan bebas dari debu atau kotoran yang menempel.
3. Keringkan pakaian
Buka penutup sisi bagian kanan dan ambil pakaian. Masukkan pakaian ke sisi kanan, tutup rapat, dan putar tombol yang ada di bagian atas pengering. Putar hingga ke angka 5, yang berarti prosesnya akan berjalan selama 5 menit. Lakukan proses ini satu kali saja, kemudian jemur pakaian yang telah dikeringkan.

Contoh Teks Prosedur Kompleks (2)

Cara Mematikan Komputer dengan Benar
Komputer adalah salah satu produk yang paling berguna di abad ini. Adanya komputer membuat banyak pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Menulis menjadi lebih rapi, memeriksa pekerjaan menjadi lebih cepat, dan berkomunikasi semakin mudah. Di dalam dunia komputerisasi, ada satu hal yang harus kita perhatikan, yaitu perawatan komputer. Komputer yang dirawat dengan baik akan menghasilkan daya guna dalam periode yang lebih lama, sebaliknya, komputer akan cepat rusak apabila tidak kita perhatikan secara detail perawatannya. 
Perawatan komputer meliputi banyak bagian, dan salah satu bagian yang tampak sepele namun harus kita perhatikan dengan baik adalah tentang mematikan komputer. Perlu Anda ketahui, bahwa kita tidak boleh mematikan komputer hanya dengan menekan tombol power. Aktivitas tersebut apabila dilakukan secara berulang-ulang akan merusak komponen-komponen komputer itu sendiri. Bagaimana cara mematikan komputer dengan benar? Ikuti penjelasan rinci berikut ini.
1. Pastikan semua aplikasi telah ditutup
Salah satu kesalahan pengguna komputer dalam mematikan komputer adalah membiarkan semua program dan dokumen masih berjalan. Akibatnya, ada beberapa dokumen yang lupa untuk disimpan dan hilang begitu saja. Pastikan Anda mematikan atau menutup dan menyimpan semua pekerjaan Anda. Tutup semua aplikasi seperti microsoft word dan microsoft excel sebelum Anda mematikan komputer. 
2. Arahkan kursor ke bagian kanan dan cari tombol setting
Pada windows 8, Anda diharuskan untuk mengarahkan kursor ke bagian kanan. Nantinya akan muncul banyak tombol. Pilih tombol setting dan setelah Anda melakukan klik, maka akan muncul tombol power. Klik tombol tersebut, maka terdapat 3 pilihan yang muncul. Pilihan pertama adalah sleep, dimana Anda hanya membuat komputer seperti manusia tidur yang kapan saja bisa dibangunkan atau dihidupkan kembali. Pilihan kedua adalah tombol restart yang gunanya untuk mematikan dan kemudian menghidupkan kembali komputer Anda. Pilihan ketiga adalah shut down yang berguna untuk mematikan komputer secara total.
Untuk mematikan komputer secara total, pilih tombol shut down dan beberapa detik kemudian komputer sudah Anda matikan dengan benar.
Contoh Teks Prosedur Kompleks (3)
Cara Menyambungkan Komputer dengan Internet Menggunakan Modem Eksternal 
Dewasa ini, internet merupakan media paling revolusioner. Banyak pengembangan-pengembangan pada internet, salah satunya adalah perkembangan akses internet menggunakan modem eksternal. Bagaimana cara menyambungkan internet menggunakan Modem ? 
Berikut langkah-langkahnya :
Pertama, siapkan satu unit computer dan modem eksternal usahakan modem dalam keadaan baik dan sudah diisi pulsa. Pastikan juga terdapat port yang bisa digunakan untuk menyambungkan modem dan pastikan pula, computer menyala. Jika modem dan computer siap, colokkan modem pada port. Lalu computer akan secara otomatis mendeteksi keberadaan modem. 
Selanjutnya, bila modem sudah terdeteksi maka program modem akan muncul dan kita bias langsung menyambungkan computer ke internet. Namun, bila program modem belum terinstal maka kita harus menginstalnya terlebih dahulu. Bukalah modem, lalu klik setup installer modem (program untuk menginstal modem). Selanjutnya, tunggu sampai proses pemasangan selesai dan program modem siap digunakan. 
Lalu, bukalah program modem dan klik “connect” untuk memulai proses penyambungan. Setelah proses penyambungan berhasil maka internet siap digunakan. 

Demikian artikel tentang materi Bahasa Indonesia : Teks Prosedur Kompleks meliputi Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks. Semoga bermanfaat...


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Dapatkan Update Terbaru Via Email

Related : Teks Prosedur Kompleks (Pengertian, Tujuan, Ciri, Contoh, Struktur)

17 komentar: