Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel tentang Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) dalam Bahasa Indonesia meliputi Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Deskriptif.

1. Pengertian Teks Deskriptif

Teks deskriptif / paragraph deskriptif adalah sebuah teks atau paragraph yang berisi tentang suatu gambaran atau lukisan dari sebuah benda yang sedang diceritakan dalam bentuk tulisan. Paragraph itu sendiri merupakan kumpulan dari beberapa rangkaian kalimat. Jadi paragraph deskriptif merupakan sebuah rangkaian kalimat yang menceritakan tentang sifat dari benda yang sedang diceritakan, paragraph tersebut dapat menggambarkan dari benda tersebut sehingga mambuat pembacanya seolah olah melihat secara langsung benda yang diceritakan tersebut.

2. Ciri-ciri  Teks Deskriptif

Ciri-ciri teks deskriptif adalah sebagai berikut :
  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Penggambaran tersebut dituangkan dalam sebuah paragraph yang dilakukan secara jelas dan melibatkan kesan pada sebuah indera 
  • Gambaran tersebut membawa pembaca menjadi seolah olah dapat melihat secara langsung tentang obyek yang digambarkan atau diceritakan tersebut 
  • Menceritakan ciri ciri khususnya ciri fisik seperti bentuk, ukuran, warna dan lain lain.

3. Tujuan Teks Deskriptif

Tujuan dari teks deskriptif adalah supaya orang yang membacanya dapat seolah olah melihat sendiri benda yang diceritakan tersebut. Dalam paragraph deskriptif itu sendiri memakai pola yang subjektif namun hal ini jika si penulis paragraph tersebut menambahkan opini atau kesan pada sebuah objek yang telah sedang dijelaskan tersebut.  

4. Contoh Teks Deskriptif 

Contoh  Teks Deskriptif  1

HARIMAU 

Harimau (Panthera tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram. Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya. Harimau mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan, padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.

Berdasarkan teks “HARIMAU” di atas, kalimat deskripsinya adalah sebagai berikut :
(a) Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
(b) Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna
hitam.
(c) Kakinya berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.

Contoh  Teks Deskriptif  2

Sungai Serayu

Sungai Serayu adalah sungai yang bersih dan juga alami. Lebar dari sungai serayu bisa lebih dari 10 meter, sungai ini sangat luas dan juga panjang. Sungai serayu memiliki air yang bersih dan juga sangat segar. Sungai yang satu ini merupakan sungai yang sangat bersih dan juga indah, karena di sekitar sungai serayu tidak terdapat sampah dan di pinggir pinggri sungai serayu terdapat tumpukan bebatuan yang ditumpuk secara rata dan rapi. Bebatuan bebatuan tersebut sering digunakan sebagai tempat duduk untuk orang orang yang sedang memancing ikan di pinggir sungai serayu tersebut. Sungai serayu merupakan salah satu sungai yang sering dijadikan sebagai tempat mancing.

Contoh  Teks Deskriptif  3

Pantai Sari Dewi 

Pantai Sari Dewi adalah pantai yang baru dibuka sebagai tempat wisata umum di daerah Bandar Karang. Pantai ini terletak di wilayah Kota Indah dan menghadap langsung ke arah Samudera Hindia. Seperti pantai-pantai tropis pada umumnya, pantai Sari Dewi memiliki pasir yang berwarna putih dan bebatuan karang yang tersebar di daerah pinggiran pantai. Selain menyajikan keindahan pantainya, Sari Dewi juga memiliki spot diving, dan olahraga air seperti banana boat, dan speed boat, dan lain-lain. Pantai ini memiliki penginapan-penginapan yang langsung menghadap lautan yang bisa disewa oleh para pengunjungnya.   


CANDI BOROBUDUR
 
Borobudur adalah candi Hindu-Budha. Candi ini dibangun pada abad ke-19 oleh dinasti Sailendra yang berasal dari kerajaan Mataram kuno. Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah Indonesia.
 

Borobudur terkenal ke seluruh penjuru dunia. Konstruksinya mendapat pengauh oleh arsitektur Gupta India. Candi ini dibangun di atas sebuah bukit setinggi 46 meter dan delapan tangga yang berbentuk undakan batu. Lima tangga yang pertama berbentuk kotak, dikelilingi oleh tembok yang penuh pahatan yang membentuk gambar Budha. Tiga tangga di atasnya berbentuk melingkar. Pada tiap tangga melingkar tersebut terdapat stupa berbentuk lonceng. Keseluruhan gedung ditutupi oleh stupa besar yang terletak di tengah-tengah lingkaran teratas. Jalan menuju puncak borobudur yang berbentuk gang terbentang sejauh 4,8 kilometer. Desain Borobudur yang menyimbolkan struktur alam semesta mempengaruhi gaya pembuatan candi Angkor di Kamboja.

Candi Borobudur yang diresmikan sebagai monumen nasional Indonesia pada tahun 1983 adalah harta tak ternilai bagi bangsa Indonesia.


Materi terkait : Teks Prosedur Kompleks (Materi Lengkap)

Demikian artikel tentang Teks / Paragraf Deskriptif (Deskripsi) meliputi Pengertian, Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh Teks Deskriptif. Bagaimana, sekarang sudah dapat membuat teks deskriptif sendiri kan?


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email

Related : Teks Deskriptif (Pengertian, Ciri, Tujuan, Contoh)

2 komentar: