Pankreas Manusia (Artikel Lengkap)


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat datang di blog Artikel & Materi . Senang sekali rasanya kali ini dapat kami bagikan artikel lengkap tentang Pankreas Manusia, meliputi Pengertian Pankreas, Fungsi Pankreas, Bagian-bagian Pankreas, Kelainan / penyakit pada pankreas.


A. PENGERTIAN PANKREAS


Apa itu pankreas?

Pankreas adalah sebuah kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm. Pankreas memiliki fungsi yang penting bagi tubuh karena memproduksi enzim pencernaan yang berfungsi menguraikan makanan agar dapat diserap oleh tubuh. Selain itu, pankreas juga memproduksi hormon, termasuk insulin, yang berfungsi menjaga kestabilan kadar gula darah dalam tubuh.

Dimana letak pankreas?


Sebuah pankreas normal panjangnya sekitar 12 sampai 15 cm dan berat sekitar 110 gram. Lokasi Pankreas adalah di belakang lambung dan terletak kurang lebih melintang di dinding posterior abdomen; memiliki duodenum di sebelah kanan dan limpa di sebelah kiri. Pankreas memiliki kepala yang terletak di dalam lengkungan duodenum, leher yang menghubungkan kepala ke tubuh dan tubuh yang menumpulkan ke ekornya menyentuh limpa.

B. FUNGSI PANKREAS


Pankreas adalah organ dengan fungsi utama yakni fungsi eksorin dan fungsi endokrin. Berikut penjelasan mengenai kedua fungsi pankreas... 

1. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin

Disaat makanan keluar dari lambung akan menuju ke duodenum (usus 12 jari), duodenum kemudian menghasilkan hormon Kolesistokinin yang merangsang pankreas untuk mengeluarkan enzim-enzimnya (getah pankreas) melalui duktus pankreatikus. Enzim-enzim pencernaan (getah pankreas) dihasilkan oleh Asini. Asini adalah kumplulan sel Pankreas. Macam-macam kandungan getah pankreas adalah sebagai berikut...
  • NaCHO3: NaCHO3 adalah cairan dengan fungsi memberikan suasana basa di makanan yang masuk ke dalam duodenum, karena makanan berasal dari lambung yang sifatnya asam akibat pengaruh dari asam lambung. Jika makanan terus bersifat asam melewati usus, hal ini dapat melukai dinding usus dan menyebabkan enzim dari getah pankreas tidak aktif. 
  • Lipase Pankreas: Lipase pankreas adalah enzim dengan fungsi memecah lemak menjadi asam lemak + gliserol. Tidak hanya itu, enzim lipase juga berperan mengatur simpanan lemak untuk tidak terlalu berlebihan dalam tubuh. 
  • Tripsinogen: Tripsinogen adalah komponen Proteinase (pemecah) protein yang belum aktif, dan ketika katif, dia akan berupa menjadi enzim tripsin yang berfungsi memecah pepton menjadi beberapa asam amino. 
  • Amilase Pankreas: Amilase pankreas adalah enzim dengan fungsi mengubah amilum yang merupakan polisakarida menjadi monosakarida (zat gula yang sangat sederhana). Hal ini dapat terjadi karena tubuh hanya mampu menyerap gula dalam bentuk monosakarida. 
  • Enzim Karbohidrase Pankreas: Enzim karbohidrase pankreas adalah enzim dengan fungsi untuk memecah gula dalam makanan. Enzim berfungsi memecah disakarida menjadi 2 monosakarida (bentuk gula paling sederhana). Sebab tubuh hanya dapat menyerap gula pada bentuk monosakarida. Contohnya adalah laktase, sukrase, maltase, dll. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Eksorin: Secara umum fungsi pankreas sebagai organ eksorin adalah sebagai berikut... 
  • Meneralkan pH makan yang masuk ke duodenum agar dalam suasana basa. Sehingga makanan tidak bersifat asam, jika makanan bersifat asam dapat melukai usus. dan membuat enzim pankreas tidak berfungsi. 
  • Menghasilkan berbagai enzim yang mencerna makanan masuk ke usus halus. Berbagai enzim dengan fungsi yang sama yaitu memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana agar dapat diserap tubuh. 
2. Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin

Pankreas manusia memiliki pula langerhans yang berperan dalam menjalankan fungsi Endokrin pankreas. Pula langerhans adalah kelompok sel-sel kecil yang tersebar di seluruh pankreas yang kaya dengan pembuluh darah dan menyusun 1-2% seluruh dari masa pankreas. Pulau langerhans terbagi atas 4 jenis sel, yang setiap selnya menghasilkan hormon yang beragam, dan setiap hormon mempunyai fungsi yang bergam.

Macam-macam sel tersebut adalah sebagai berikut...
  •  Sela Alfa Pankreas: Sela alfa pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan hormon glukagon. Fungsi hormon glukagon adalah untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, dan memecah cadangan gula dalam hati lalu dibawa ke darah. 
  • Sel Beta Pankreas: Sel beta pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan hormon insulin. Fungsi hormon insulin adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, jika gadar gulam dalam darah berlebihan, maka insulin akan menyimpan gula berlebih tersebut ke dalam hati. Jika hormon ini tidak ada, atau kurang, maka orang itu akan terkena penyakit diabetes militus. 
  • Sel F Pankreas (Sel Gamma Pankreas): Sel f pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan polipeptida pankreas. Fungsi polipeptida adalah untuk memperlambat penyerap makanan. Fungsi utama belum ditemukan.  
  • Sel Delta Pankreas: Sel delta pankreas adalah sel dengan fungsi menghasilkan somatostatin. Fungsi hormon hematostatin adalah untuk menghambat sekresi Glukagon oleh sel alfa pankreas, dan menghambat sekresi insulin oleh sel beta pankreas, serta menghambat produk polipeptida oleh Sel F pankreas. 
Kesimpulan, Fungsi Pankreas Sebagai Organ Endokrin: Fungsi pankreas sebagai organ endorin secara umum adalah sebagai berikut...  
  • mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah.
Fungsi Pankreas Secara Umum 
Setelah membahas mengenai dua fungsi utama pankreas, berikut fungsi umum pankreas.... 
  • Sebagai kelenjar eksorin atau kelenjar mensekresikan zat-zat tertentu tanpa dengan melalui pembuluh darah
  • Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat-zat tertentu melalui pembuluh darah
  • Mempunyai peran menjaga keseimbangan kadar gula tubuh
  • Menghasilkan cairan pankreas untuk proses pencernaan dalam saluran pencernaan 
  • Berperan untuk menjaga keseimbangan lemak tubuh
  • Memiliki peran metabolisme baik dengan anabolisme atuapun kataboisme gula dan bentuk lainnya
  • Berfungsi dalam metabolisme lemak
  • Sebagai penghasil berbagai protease seperti tripsin, amilase, dan lipase dalam membantu proses pencernaan. 

C. BAGIAN BAGIAN PANKREAS

Pankreas dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu kepala, leher, badan, dan ekor.
  • Kepala Pankreas adalah bagian yang terlihat menempel pada usus halus, Kepala merupakan bagian terluas dari pankreas.
  • Leher Pankreas merupakan bagian pankreas yang panjangnya sekitar 2,5 cm dan terletak diantara kepala dan badan.
  • Badan Pankeras, yaitu bagian pankreas yang terletak diantara leher dan ekor, disebut juga bagian yang paling penting dari pankreas.  
  • Ekor Pankreas merupakan bagian meruncing yang terletak pada perut kiri, ekor merupakan bagian terakhir dari tubuh pankreas.
  • Saluran Pankreas (Duktus Pankreatikus), merupakan saluran dari pankreas yang akan menyatu dengan duktus koledukus (saluran empedu) dan akan bermuara di duodenum (Usus 12 jari). Saluran pankreas akan mengeluarkan berbagai enzim dari pankreas untuk membantu sistem pencernaan.

D. KELAINAN / PENYAKIT PADA PANKREAS


1. Tumor Pankreas

Tumor Pankreas dapat berasal dari jaringan eksokrin dan jaringan endokrin pankreas, serta jaringan penyangganya. Tumor pancreas terdapat tumor eksokrin dan tumor endokrin. Tumor eksokrin pankreas adalah tumor ganas dari jaringan eksokrın pankreas, yaıtu adenokarsinoma duktus pancreas, dan adenoma untuk yang jinak. Tumor eksokrin pankreas pada umumnya berasal dari sel duktus dan sel asiner. Sekitar 90% merupakan tumor ganas jenis adenokarsinoma duktus pankreas (disingkat kanker pankreas). Yang termasuk tumor endokrin pancreas ialah insulinoma, glukagonoma, somastatinoma, dan gastrinoma.
Gastrinoma adalah tumor pankreas yang mneghasilkan hormon gastrin dalam jumlah yang sangat besar yang akan merangsang lambung untuk mengeluarkan asam dan ensim”nya sehingga terjadi ulkus peptikum.
Tumor Pankreas merupakan tumor ganas yang berasal dari sel-sel yang melapisi saluran pankreas.


2. Pankreatitis

- Pankreatitis (inflamasi pankreas) merupakan penyakit yang serius pada pankreas dengan intensitas yang dapat berkisar mulai dari kelainan yang relatif ringan dan sembuh sendiri hingga penyakit yang berjalan dengan cepat dan fatal yang tidak bereaksi terhadap berbagai pengobatan. (Brunner & Suddart, 2001; 1338)
- Pankreatitis adalah kondisi inflamasi yang menimbulkan nyeri dimana enzim pankreas diaktifasi secara prematur mengakibatkan autodigestif dari pankreas. (Doengoes, 2000;558)
- Pankreatitis akut adalah inflamasi pankreas yang biasanya terjadi akibat alkoholisme dan penyakit saluran empedu seperti kolelitiasis dan kolesistisis. (Sandra M. Nettina, 2001)


3. Kanker Pankreas

Kanker Pankreas merupakan tumor ganas yang berasal dari sel-sel Yang melapisi saluran pankreas. Sekitar 95% tumor ganas pankreas merupakan adenokarsinoma. Tumor-tumor ini lebih sering terjadi pada laki-laki dan agak lebih sering menyerang orang kulit hitam. Tumor ini jarang terjadi sebelum usia 50 tahun dan rata-rata penyakit ini terdiagnosis pada penderita yang berumur 55 tahun. (Brunner & Suddarth, 2001).

4.  Hipoglikemia

Hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah (glukosa) secara abnormal rendah. Dalam keadaan normal, tubuh mempertahankan kadar gula darah antara 70-110 mg/dL. Pada diabetes, kadar gula darah terlalu tinggi; pada hipoglikemia, kadar gula darah terlalu rendah. Kadar gula darah yang rendah menyebabkan berbagai sistem organ tubuh mengalami kelainan fungsi. 

5.  Insulinoma 

Insulinoma  merupakan tumor pankreas yang jarang terjadi, dimana tumor ini menghasilkan insulin, suatu hormon yang berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Hanya 10% insulinoma yang bersifat ganas.

Baca pula : Lidah Manusia (Artikel Lengkap)

Referensi :
http://www.alodokter.com/kanker-pankreas
http://www.artikelsiana.com/2015/07/pankreas-pengertian-fungsi-struktur-bagian.html#
http://miamegantika.blogspot.co.id/2011/06/5-penyakit-kelainan-pankreas.html

Demikian artikel lengkap tentang Pankreas Manusia, meliputi Pengertian Pankreas, Fungsi Pankreas, Bagian-bagian Pankreas, Kelainan / penyakit pada pankreas. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Dapatkan Update Terbaru Gratis Via Email
Tags :

Related : Pankreas Manusia (Artikel Lengkap)

1 komentar:

  1. Terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat bagi kita semua.

    BalasHapus